Dompet Dhuafa Cabang Riau menggulirkan 201 ekor hewan kurban setara doka (domba-kambing) di enam kabupaten wilayah Riau. (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID KAMPAR — Jelajah Kurban Nusantara di Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, Dompet Dhuafa Cabang Riau menggulirkan 201 ekor hewan kurban setara doka (domba-kambing) yang tersebar di enam kabupaten wilayah Riau, selain di Kota Pekanbaru.

Keenam kabupaten itu yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak.

“Tiap kabupaten kami sebar lagi distribusinya di tiap kecamatan. Untuk hari pertama, (Jumat, 31 Juli 2020), masing-masing seekor sapi kurban di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar; Desa Sungai Eko, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Inhu; dan Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar,” ujar Gio, tim pelaksana lapangan THK Dompet Dhuafa Riau, Jumat (31/7/2020).

Ia mengatakan bahwa di Desa Baru, kurban kali ini menjadi yang pertama setelah empat tahun tidak ada penyembelihan kurban.

DD Riau membagikan daging kurban kepada 85 KK di Desa Baru. (Foto: dompetdhuafa.org)

Di desa yang terletak di pedalaman ini, daging kurban didistribusikan kepada 85 KK. Hampir seluruhnya merupakan kelompok ekonomi menengah ke bawah.

“Di Desa Baru ini jarang ada kurban. Lokasinya perbatasan kota, 27 km dari Pekanbaru, tapi pedalaman, angkutan umum sulit di dapat. Bahkan di Desa Sungai Eko, pedalaman Suku Talang Mamak, baru pertama kali ini kurban di sana,” ujar Gio.

Sebelumnya, Dompet Dhuafa Riau telah menyalurkan paket sembako untuk warga Desa Baru. Di desa ini, kata dia, banyak kelompok rentan dan terdampak pandemi Covid-19. Lansia, janda, gharim, buruh tani, dan sebagainya.

Gio menambahkan, dalam proses penyembelihan kurban, Dompet Dhuafa Riau tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, serta kemasan distribusinya menggunakan besek pandan.

Oleh: Dhika Prabowo
Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Riau dan BAZNAS Bengkalis Bersinergi Membangun Negeri

LEAVE A REPLY