Armada taktis hilux, ambulans strada, dan mobilisasi Dapur Keliling beserta 13 orang relawan tiba di Pelabuhan Makassar pada Kamis (22/7/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID MAKASSAR – Dompet Dhuafa kembali memberangkatkan Tim Kemanusiaan DMC (Disaster Management Centre) dan LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat) dari Jakarta dalam misi respons banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, pagi tadi Darling sampai. Kami sekarang tengah dalam perjalanan menuju Masamba. Kurang-lebih 10 jam perjalanan darat dari Makassar. Bismillah,” kata Priyanto, Koordinator armada Darling (Dapur Keliling), di Pelabuhan Makassar, melalui pesan singkat, Rabu (22/7/2020).

Sejak Selasa, 14 Juli 2020, Tim Dompet Dhuafa merespons cepat peristiwa banjir bandang yang melanda Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dan Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Dompet Dhuafa menggulirkan bantuan berupa evakuasi, aksi bersih, logistik, asesmen, serta mendirikan Dapur Umum dan Pos Hangat.

Kali ini, Dompet Dhuafa menggulirkan armada taktis hilux, ambulans strada, dan mobilisasi Dapur Keliling beserta 13 orang relawan. Tiga armada tersebut diangkut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (18/7/2020), dan tiba di Pelabuhan Makassar pada Kamis (22/7/2020) setelah menempuh lima hari perjalanan laut.

Armada taktis hilux, ambulans strada, dan mobilisasi Dapur Keliling beserta 13 orang relawan tiba di Pelabuhan Makassar pada Kamis (22/7/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

Koordinator DMC, Erwandi ‘Bojek’ Saputra, mengatakan bahwa dampak dari banjir bandang yang terjadi di Sulawesi, khususnya di Masamba, cukup luas. Medan di lokasi juga cukup parah dampak dari terjangan banjir dan lumpur, serta material yang dibawanya.

“Adanya ketiga armada ini, aksi respons bisa lebih taktis. Jangkauan mobilisasi juga bisa lebih luas. Pun adanya Darling, insyaallah bisa membantu hadirnya Dapur Umum Keliling untuk mendukung kebutuhan makanan lebih merata,” kata Bojek

Sesampainya di Makassar, Priyanto dan tim melakukan koordinasi dengan Dompet Dhuafa Cabang Sulsel. Kemudian, menunggu informasi kapal bersandar di Pelabuhan Makassar.

“Ada tambahan personil dari Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sulsel dan Relawan Gimbal Alas. Jadi, sekarang kami konvoi ada total 13 orang. Mohon doa dan semoga manfaat maksimal,” kata Priyanto.

BACA JUGA  UAS Duta Dai Dompet Dhuafa ke Brunei

Oleh: Dhika Prabowo
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY