Dompet Dhuafa Jawa Barat (DD Jabar) bekerja sama dengan YBM PLN UID Jawa Barat menggulirkan program Kampung Ternak berbasis pesantren di Pondok Pesantren Istiqomah Kabupaten Garut, Rabu (22/7/2020). (Foto: DD Jabar)

ZNEWS.ID GARUT — Dompet Dhuafa Jawa Barat (DD Jabar) bekerja sama dengan YBM PLN UID Jawa Barat menggulirkan program Kampung Ternak berbasis pesantren di Pondok Pesantren Istiqomah Kabupaten Garut, Rabu (22/7/2020).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pondok pesantren dalam memenuhi kebutuhan operasionalnya. Selain itu, melalui program ini, para santri juga bisa mengasah keterampilan dalam bidang peternakan.

“Sudah saatnya kehadiran pondok pesantren dalam masyarakat bukan hanya menjadi solusi atas permasalahan pendidikan terutama pendidikan agama, tetapi juga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di masyarakat,” ujar Andriansyah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar.

Lebih lanjut, Andriansyah menjelaskan bahwa Dompet Dhuafa Jabar juga melakukan pendampingan kepada para santri mengenai cara beternak yang benar, bagaimana mencari dan memberi pakan, serta pengelolaan keuangan kelompok.

Ketua YBM PLN UID Jabar, Ismail Haris, berharap dengan bantuan ternak domba ini pemikiran para santri bisa lebih terbuka. Dan, mempunyai bekal mengenai cara beternak yang baik.

Diharapkan juga, nantinya para santri mampu membuka usaha lain seperti pengadaan domba untuk aqiqah, kuliner, dan budidaya rumput odot untuk pakan domba.

“Sehingga, dari usaha tersebut diharapkan keuntungan yang diperoleh dapat menutupi biaya operasional Pesantren,” jelas Ismail Haris.

Sebagai awalan, sebanyak 10 ekor domba dipelihara oleh para santri sejak awal Maret 2020. Nantinya, domba-domba tersebut akan diserap oleh Dompet Dhuafa Jabar melalui program Tebar Hewan Kurban.

Oleh: Arahmat Jatnika

BACA JUGA  1.000 Paket Hygiene Kit Dibagikan kepada Warga Bandung

LEAVE A REPLY