Influencer Cek Maria. (Foto: DD Sumsel)

ZNEWS.ID PALEMBANG – Para pekurban harus memahami bahwa hewan kurban, baik kambing atau sapi, harus memenuhi syarat sebelum dikurbankan. Mulai dari usia, kesehatan hewan kurban, tidak mengalami cacat, gemuk, dan syarat lainnya.

Dalam menjalankan amanah tersebut, Tim Quality Control Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) telah menuntaskan pemeriksaan kelayakan 70 kambing kurban dari pekurban di Desa Rejo Dadi, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin.

Pada kesempatan itu, Influencer Cek Maria dan Suzannita turut hadir menyaksikan pemeriksaan kambing para pekurban. Mulai dari menimbang, pemeriksaan kesehatan, cek bagian tubuh yang cacat, serta syariat lainnya.

“Ini menjadi pengalaman pertama saya. Datang langsung ke kandang peternak langsung, melihat langsung hewan kurban sebelum penyembelihan,” ucap Cek Maria, Senin (6/7/2020).

Setelah tahu proses Quality Control yang dilakukan DD Sumsel, dengan antusias, Maria mengajak masyarakat, khususnya warga Palembang untuk berkurban di DD Sumsel.

“Buat dulur-dulur yang mungkin ingin berkurban, bisa melalui Dompet Dhuafa Sumsel. Karena, hewan kurban benar-benar diperiksa satu per satu. Benar-benar layak untuk menjadi kurban,” jelasnya.

Influencer Suzannita. (Foto: DD Sumsel)

Senada dengan Maria, Suzannita juga mengaku sangat senang sekali bisa melakukan hal yang positif. Membantu dan menyaksikan langsung pemeriksaan kelayakan kambing kurban.

“Ada syarat yang harus di penuhi hewan untuk menjadi hewan kurban. Melalui kegiatan quality control, Dompet Dhuafa Sumsel baru saja melakukan pemeriksaan itu,” ujarnya.

Melihat langsung proses pemeriksaan, Suzannita pun mengajak masyarakat untuk tidak ragu berkurban di Dompet Dhuafa Sumsel.

Karena, kata dia, hewan kurbannya telah memenuhi syariat Islam dan akan disalurkan ke daerah miskin, dhuafa, jarang ada kurban, daerah bencana, dan rawan akidah.

Oleh: Zal
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY