Dokter Tirta menjalani tes rapid di Rumah Sakit Kartika Pulomas Dompet Dhuafa, Jakarta Timur, Senin (6/7/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Setelah satu tahun vakum dari dunia kedokteran, dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang kerap disapa Cipeng, memutuskan kembali terjun ke dunia medis. Senin (6/7/2020), Tirta menjalani tes rapid di Rumah Sakit Kartika Pulomas Dompet Dhuafa, di Jakarta Timur.

Selain tes rapid, ia juga menyiapkan beberapa berkas-berkas lainnya. Persiapan itu dilakukannya karena ke esokan paginya, Selasa (7/7/2020), ia akan ‘terbang’ menuju Surabaya, Jawa Timur, untuk terjun sebagai relawan medis Cekal (Cegah Tangkal) Corona, Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur.

“Saya vakum setahun, niat awal sekolah dan bisnis. Tapi, ujung-ujungnya mau merawat ilmu yang saya miliki. Karena, jujur saja, saya ingin merawat pasien di IGD. Kali ini saya ke Surabaya dibantu oleh RS Kartika Pulomas dalam membantu penanganan Covid-19 yang ada di sana,” kata Tirta.

Melalui Rumah Sakit Kartika Pulomas, Tirta akan menjadi relawan medis Cekal (Cegah Tangkal) Corona Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur. (Foto: dompetdhuafa.org)

Tirta mengaku memilih Jawa Timur karena di sana merupakan salah satu daerah dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi. Untuk langkah awal, Tirta akan memberikan sosialiasi terkait pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Edukasi saya lebih dilakukan secara langsung atau klinis maupun non klinis. Jadi, fungsi dokter itu promosi, prevensi, edukasi, juga rehabilitasi. Semua itu harus tetap jalan,” kata Tirta seusai menjalani tes rapid.

Bergabungnya Tirta di Rumah Sakit Kartika Pulomas menjadi titik awalnya menekuni kembali dunia kesehatan. Dan, berkontribusi bagi mereka-mereka yang membutuhkan.

“Teman-teman sejawat Rumah Sakit Kartika Pulomas, mohon izin bergabung dengan kalian. Mohon bimbingan. Kita bersatu untuk melayani masyarakat dan berjuang di dunia kemanusiaan,” kata Tirta.

Oleh: Fajar
Editor: Agus Wahyudi

BACA JUGA  Faisal: Menjadi Perawat Layaknya Seniman

LEAVE A REPLY