Peternak THK Dompet Dhuafa. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pada dasarnya, kurban atau dalam Bahasa Arab disebut dengan al Udh-hiyyah merupakan sembelihan binatang ternak berkaki empat sesuai syarat dan ketentuannya yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karena itu, selama syarat dan ketentuan kurban sesuai syariat terpenuhi, kita bisa berkurban di mana saja.

Sebagai salah satu lembaga terpercaya yang mengelola kurban sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa selalu mengedepankan visi untuk memberdayakan para peternak Indonesia untuk berdaya dan berkembang.

Para peternak itu tersebar luas di setiap daerah-daerah yang diambil dari peternak lokal. Sehingga, mereka bisa meningkatkan kemampuan serta pengetahuan tentang usaha peternak yang efesien dan terukur.

Selain itu, ini 6 alasan penting lainnya yang harus kamu ketahui sebelum berkurban di Dompet Dhuafa, dilansir dari zakat.or.id, Senin (6/7/2020).

1. Kurban Menyebar Luas ke Seluruh Indonesia

Tak hanya Jawa saja, pelaksanaan dan distribusi kurban dengan Dompet Dhuafa sudah mencapai daerah-daerah terpencil dari Aceh sampai Papua. Adapun tingkatan wilayah-wilayah yang menjadi distribusi hewan kurban Dompet Dhuafa terdiri dari:

1. Wilayah Prioritas

Daerah terpencil yang tidak atau jarang mendapat pembagian hewan kurban, seperti:

  • Daerah penampungan pengungsi akibat korban bencana alam seperti banjir, gunung Meletus, kekeringan, dan bencana lain yang tengah terjadi di Indonesia).
  • Daerah-daerah yang pendapatan perkapita penduduknya di bawah garis kemiskinan.
  • Daerah yang mayoritas penduduknya muslim tetapi karena desakan ekonomi yang membuat akidahnya berpaling.

2. Wilayah Non-Prioritas

  • Daerah yang masyarakat sekitarnya (walau mampu) jarang mengeluarkan hewan kurban.
  • Panti jompo yang mengurusi orang tua yang sudah tak memiliki keluarga.
  • Panti asiuhan yang memelihara anak-anak yatim piatu dan putus sekolah akibat tak mempunyai biaya.
  • Masjid-masjid, pesantren, majelis ta’lim di daerah terpencil yang sulit mendapat bantuan hewan dan para pekurban karena mayoritas masyarakatnya dilihat kurang mampu.
BACA JUGA  Dompet Dhuafa Ajak Milenial Berkurban

2. Berdayakan Peternak-Peternak Lokal

Dengan menjunjung kemandirian peternak daerah, Dompet Dhuafa mencari dan memilih peternak-peternak lokal yang sesuai beberapa syarat-syarat berikut:

  • Peternak mandiri.
  • Dapat menjalani mekanisme pengadaan dan distribusi sampai pelaporan kurban sesuai ketentuan.
  • Amanah dan Jujur.

Adapun daerah-daerah yang telah menjadi mitra distribusi kurban Dompet Dhuafa yaitu Sumatera, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.

3. Hewan Kurban Berkualitas Sesuai Syariat

Untuk memproduksi hewan-hewan kurban sesuai dengan syariat, Dompet Dhuafa selalu melakukan Kontrol Mutu atau Quality Control (QC) untuk memastikan ternak yang akan disembelih atau dipotong sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan kurban setiap daerahnya. Adapun hal-hal yang diperhatikan pada QC di antaranya yaitu:

  • Memastikan hewan ternak sesuai dengan kuota.
  • Memastikan jumlah cadangan ternah jika ada kebutuhan tambahan.
  • Menghitung bobot hidup ternal sesuai syarat sah hewan kurban.
  • Memastikan kesehatan calon hewan kerban sehat dan siap untuk disembelih.
  • Monitoring pemotongan hewan kurban sesuai standar syari.
  • Merencanakan wilayah distribusi yang tepat dan sesuai sasaran.

4. Mendapat Laporan Kurban Cepat dan Transparan

Di dalam syarat keabsahan kurban, para ulama telah sepakat bahwa menghadiri proses penyembelihan kurban tidaklah wajib namun hukumnya sunah. Sesuai dengan hadis dari Al Bahuti dalam Ar Roudh berkata,

ويتولاها أي الأضحية صاحبها إن قدر أو يوكل مسلما ويشهدها، أي يحضر ذبحها إن وكل فيه. انتهى.

“Hendaklah shohibul kurban mengurus kurbannya sendiri. Namun, ia boleh pula mewakilkan muslim yang lain dan ia menyaksikan prosesi penyembelihan ketika diwakilkan”.

Lalu, bagaimana laporan kurban di Dompet Dhuafa Sendiri? Jika kamu menjadi Shohibul Qurban di Dompet Dhuafa, maka kamu akan mendapatkan laporan kurban yang lengkap dengan penyebutan nama sampai dengan foto penyembelihannya.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Ajak Milenial Berkurban

Laporan tersebut langsung diberikan setelah penyembelihan selesai sehingga ibadah kurban pun terlaksanakan dengan tenang.

5. Bayar Kurban di Mana Saja dan Kapan Saja

Kamu ingin langsung kurban sekarang juga? Tenang saja, Dompet Dhuafa menyediakan beberapa opsi untuk kamu yang ingin membayar secara online maupun online.

Jika kamu ingin datang untuk membayar kurban secara langsung, kamu bisa datang ke kantor atau cabang-cabang Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Khusus kamu yang ada di wilayah Jabodetabek, bisa datang ke konter-konter Dompet Dhuafa yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Jika ingin langsung melaksanakan ibadah kurban dengan cepat dan amanah, kamu bisa berkurban secara online lewat website kurban Dompet Dhuafa, yaitu kurban.dompetdhuafa.org.

Adapun cara pembayaran yang ditawarkan bisa dengan cara:

  • Transfer Bank (Mandiri, BCA, BNI Syariah, Muamalat, Maybank Syariah).
  • Online Payment (LinkAja, Dana, CIMB Clicks, IB Muamalat, Credit Card, Shopee Pay, OVO).

6. Hati Tenang Ibadah Terlaksanakan

Kamu sudah membayar kurban sesuai niat? Alhamdulillah, hati semakin tenang dengan terbayarnya utang niat berkurban tahun ini. Semoga kita bisa selalu menunaikan ibadah kurban setiap tahunnya karena lillahi taala.

Oleh: Maulidina Ramadhani
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY