Ustaz Talqis Nurdianto, Lc MA. (Foto: DDHK)

ZNEWS.ID HONG KONG – Ustaz Talqis Nurdianto, salah satu anggota Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), menerbitkan buku yang berisi kumpulan materi ceramahnya saat bersafari dakwah di majelis-majelis taklim Hong Kong, pada akhir 2019 silam. Buku tersebut berjudul “Oase Biru Di Hongkong: Catatan Safari Dai Cordofa”.

“Buku yang berada di tangan pembaca ini merupakan kumpulan materi ceramah yang penulis sampaikan selama safari dakwah di Hong Kong. Materi ini kemudian dipertajam dan ditulis kembali sebagaimana menyajikan bahan bacaan keislaman untuk menambah wawasan khazanah Islam bagi PMI (pekerja migran Indonesia) di Hong Kong khususnya, dan pembaca pada umumnya,” tulis Ustaz Talqis, saat memberikan pengantar di buku tersebut.

Di buku yang ditulisnya, pria kelahiran Kudus, 21 April 1982, yang menjalani pendidikan di Al-Azhar Unversity Kairo, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universiti Sains Islam Malaysia ini memuji tingginya semangat belajar PMI Hong Kong.

“Banyaknya majelis taklim di Hong Kong bisa menjadi ukuran semangat belajar agama Islam oleh PMI. Hal ini dibuktikan tidak cukup seorang dai untuk meng-cover seluruh kegiatan keagamaan tiap harinya; Klinik Alquran, tahsin Alquran baik murattal atau mujawwad, kajian keislaman, pelatihan keterampilan, serta seminar dan workshop ketahanan keluarga,” ujarnya, dilansir dari laman DDHK, Jumat (3/7/2020).

General Manager DDHK, M Imam Baihaqi, menanggapi positif penerbitan buku Oase Biru Di Hongkong ini. Menurut dia, sosok Ustadz Talqis yang ramah dan rendah hati membuatnya banyak ditunggu-tunggu ceramahnya di kalangan PMI Hong Kong.

Buku “Oase Biru Di Hongkong: Catatan Safari Dai Cordofa”. (Foto: DDHK)

“Oleh karenanya, ide membuat buku kumpulan ceramah ini sangat disambut baik oleh mereka (PMI). Mengingat jumlah PMI yang sangat banyak dan tidak semuanya berkesempatan mengikuti kajian. Maka, buku ini bisa menjadi pegangan yang bermanfaat dalam menemukan jawaban atas persoalan hidup yang dihadapi di Negeri Beton ini,” ujar Imam.

BACA JUGA  DD Singgalang Gelar Kajian Keislaman bersama Kelompok Budidaya Ikan Nila

Kehadiran buku ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Di antaranya, dari Medya Putri, anggota Board of Director Dompet Dhuafa Hong Kong dan Pegiat Konsultan Keuangan Pekerja Migran di Negeri Beton.

“Buku ini layak menjadi penebar manfaat bagi teman-teman PMI. Mengupas masalah keseharian. Mulai dari masalah hati, keluarga, pergaulan, orang tua, utang, sampai cara memanfaatkan waktu libur. Wajib untuk dibaca!” kata Medya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. Saiful Bahri, turut memberikan pujian atas terbitnya buku ini.

“Pengalaman berdakwah Ustaz Talqis sangat luar biasa. Tapi, lebih dahsyatnya ketika mutiara-mutiara hikmah itu berhasil diabadikan dalam sebuah memoar dakwah beliau. Oase biru, memang menjelma bak oase di gurun pasir. Karena, Hong Kong adalah salah satu metropolitan dunia yang menyuguhkan banyak hal, termasuk hedonisme. Kedekatan dengan agama menjadi suatu hal yang lazim. Untaian-untaian kata dalam buku ini penuh hikmah, sarat ibrah, dan pelajaran,” tuturnya.

Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY