Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh membuka Posko Kesehatan untuk 99 pengungsi Rohingya, Selasa (30/6/2020). (Foto: DD Aceh)

ZNEWS.ID ACEH UTARA – Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa (DD) Aceh membuka Posko Kesehatan untuk 99 pengungsi Rohingya, Selasa (30/6/2020). Pengungsi Rohingya yang kini berada di tempat penampungan sementara, tepatnya di bekas Kantor Imigrasi, Keude Punteut Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan obat-obatan.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Aceh, dr Nuril Annissa Niswanto, menyatakan bahwa Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh telah terlibat dalam melakukan pendataan, pemberian bantuan kesehatan, hingga advokasi ke pemerintah setempat bersama UNHCR dan IOM sejak Jumat (26/6/2020).

Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh juga terlibat dalam melakukan pendataan, pemberian bantuan kesehatan, hingga advokasi untuk pengungsi Rohingya. (Foto: DD Aceh)

Tidak hanya itu, Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh juga mengikutsertakan relawan lokal dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dalam membantu penanganan kesehatan pengungsi Rohingya.

“Kita harus mampu mengalahkan rasa takut terhadap wabah, memenangkan nilai-nilai kemanusiaan. Mereka saudara-saudara kita, patut dibantu, baik itu berupa bantuan kesehatan, makanan, maupun tempat yang layak,” ujar Nuril.

Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh juga membuka Dapur Umum untuk para pengungsi Rohingya. (Foto: DD Aceh)

Nuril juga menambahkan, keberadaan Posko Kesehatan ini diharapkan dapat memudahkan para pengungsi untuk akses layanan kesehatan. Dalam hal ini, meskipun seluruh pengungsi tersebut telah dinyatakan non reaktif melalui rapid test yang dilakukan pada Sabtu (27/6/2020), namun pandemi Covid-19 ini masih patut diwaspadai. Sehingga, harus tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Selain itu, Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh juga telah membuka Dapur Umum untuk para pengungsi tersebut. Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh bersama dengan lembaga-lembaga lainnya berusaha sebaik mungkin menyediakan makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam untuk para pengungsi Rohingya.

Dompet Dhuafa Aceh akan melakukan screening gizi terhadap anak-anak, serta membagikan beberapa bahan kebutuhan yang paling mendesak bagi mereka. (Foto: DD Aceh)p

“Pengungsi Rohingya yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak ini kondisinya lemah, memprihatinkan. Mereka telah kehilangan banyak energi dan kekurangan makanan. Dikhawatirkan status gizinya tidak baik. Keberadaan kita di sini tentu saja untuk memberikan bantuan kepada mereka,” ucap Ns. Rizki Fauzan, selaku koordinator lapangan dari Tim Respons Kemanusiaan Dompet Dhuafa Aceh dalam kegiatan ini.

BACA JUGA  DD Aceh Bagikan Paket Gizi di Posko Pengungsian Banjir Gue Gajah

Fauzan juga menambahkan bahwa Dompet Dhuafa Aceh akan melakukan screening gizi terhadap anak-anak, serta membagikan beberapa bahan kebutuhan yang paling mendesak bagi mereka. Pelayanan ini, kata dia, akan terus berlanjut hingga beberapa pekan mendatang.

Oleh: Aini Aziz
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY