iPad besutan Apple. Foto: Apple

ZNEWS.ID, JAKARTA – Hampir semua gawai pintar dilengkapi dengan aplikasi kalkulator bawaan. Ini adalah fitur standar yang tidak perlu lagi dipertanyakan.

Tetapi kenapa Apple tidak memasang kalkulator bawaan di iPad? Tidak ada yang tahu alasannya kenapa. Sehingga kalau pengguna iPad ingin berhitung menggunakan kalkulator, ia harus menanam aplikasi pihak ketiga di gawai iPadnya.

Terus apa alasan Apple tak memasang kalkulator bawaan di iPad? Hal ini terungkap selama sesi tanya jawab antara Kepala Perangkat Lunak Apple, Craig Federighi dengan YouTuber Marques Brownlee.

Ia menjelaskan alasan mengapa Apple masih belum menanam aplikasi kalkulator ke iPad hingga hari ini. Jawaban singkatnya adalah karena mereka belum mengetahui cara membuat “aplikasi kalkulator iPad terbaik”.

“Ada beberapa hal yang belum kami lakukan karena kami ingin melakukan sesuatu yang benar-benar hebat di ruang itu. Kami ingin melakukannya ketika kami bisa membuatnya dengan sangat baik. Kami dengan jujur mengatakan, kami belum melakukannya dengan baik. Dulu pernah Apple memasukkan aplikasi kalkulator itu di iPad, tetapi gagasan itu dihapus oleh pendiri Apple, Steve Jobs, walaupun itu versi aplikasi kalkulator iPhone yang banyak diunduh orang ke gawai iPhone,” ujar Federighi

UberGizmo melansir, Federighi memastikan suatu hari nanti Apple mungkin memasukkan aplikasi semacam itu, tetapi ia tetap menyatakan belum sebagai prioritas yang dilakukan Apple dalam jangka dekat.

LEAVE A REPLY