Android 11. Foto: Net

ZNEWS.ID, JAKARTA -Android 11 akan hadir sebentar lagi, perlu diingat bahwa tidak semua fitur yang ditambahkan Google ke sistem operasi selulernya ini harus masuk ke setiap gawai pintar, karena pihak masing-masing pabrikan dibolehkan mengembangkan sesuai kebutuhannya.

Seperti yang dilaporkan XDA Developers, Google membuat rekomendasi tentang fitur Android mana yang wajib masuk ke ponsel pengguna Android dan mana yang hanya opsional.

Berikut bocorannya tiga fitur utama yang tidak harus dimasukkan oleh produsen dalam versi Android 11.

Pertama, adalah pemilihan kontrol Smart Home yang muncul dengan menekan lama pada tombol daya. Nah, ini memungkinkan fungsinya dapat diatur untuk mematikan gawai dengan cepat, menghidupkan lampu atau untuk pengambilan gambar camera dan lainnya.

Dikatakan Google, pembuat handset selain Google tidak harus memasukkan fitur Smart Home ini – meskipun mereka mungkin memilih untuk melakukannya. Atau, mereka mungkin memutuskan untuk menerapkan fitur mereka sendiri, dengan beberapa lonceng dan notifikasi tambahan atau antarmuka yang berbeda.

Fitur opsional kedua adalah pengelompokan percakapan di panel pull-down notifikasi – secara default, Android 11 akan menjaga peringatan dari aplikasi pesan secara terpisah dari notifikasi lain, tetapi pendekatan ini tidak wajib bagi semua perangkat.

Biasanya Samsung, Sony, LG, Xiaomi dan lainnya sering merekayasa cara kerja notifikasi pada versi Android mereka sendiri, jadi mungkin tidak mengherankan bahwa ini adalah salah satu fitur yang termasuk dalam kategori opsional.

Opsional terakhir, menyimpan dokumen identitas di loker aman di gawai Anda. Google ingin Anda dapat menyimpan dokumen seperti SIM Anda dalam keadaan terkunci. Namun dikatakan Googke, pabrikan lain tidak perlu mengikutinya.

Menurut TechRadar, rekomendasi ini dapat saja berubah sebelum Android 11 diluncurkan secara penuh, tetapi hal ini sesuatu yang harus diperhatika. Jika pabrikan ingin menggunakan aplikasi dan layanan Google di ponsel mereka, mereka harus mematuhi aturan ini – tetapi sepertinya ketiga fitur ini akan menjadi opsional.

BACA JUGA  Google Perluas Sistem Deteksi Gempa Berbasis Android

Editor: Maifil

LEAVE A REPLY