Tim LKC Dompet Dhuafa bersama sepuluh kader kesehatan meluncurkan Kampung Merdeka Cekal Corona dan melakukan aksi door to door memeriksa ibu hamil dan balita di Kampung Tanjung Sanyang, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Rabu (6/5/2020). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dr.Riskiyana S Putra, M.Kes mengapresiasi langkah dan upaya Dompet Dhuafa yang cukup komprehensif diantaranya kegiatan posyandu door to door, pos gizi, edukasi menyeluruh, ketahanan pangan berbasis keluarga dan komunitas dalam konsep kawasan sehat yang terintegrasi yang sejalan dengan upaya pemberdayaan masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi covid-19.

“Dari subdit promkes kemenkes dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke salah satu wilayah kawasan cekal corona di DKI Jakarta,” ujarnya dalam video conference daring konsolidasi dan dukungan peran mitra potensial dalam implementasi Germas di era adaptasi kebiasaan baru, Kamis (26/6/2020).

video conference daring konsolidasi dan dukungan peran mitra potensial. (foto:zoom)

Peran dan dukungan Dompet Dhuafa telah dilakukan sejak masa tanggap darurat covid hingga sekarang. Dan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan adalah saluran hotline siaga covid-19, edukasi PHBS, layanan penyemprotan desinfektan, disinfection chamber, bantuan sembako, hygiene kit, ambulance dan faskes siaga, penyediaan APD, dukungan psikososial dan layanan jenazah tersebar di 32 provinsi di Indonesia dengan total 39.084 penerima manfaat.

Program lanjutan Dompet Dhuafa di era adaptasi kebiasaan baru diantaranya, program kawasan cekal corona didalamnya terdapat kesiapsiagaan masyarakat dalam pencegahan dan memutus rantai penularan covid. Kegiatan yang dilakukan yaitu surveilans status resiko infeksi covid pada warga, edukasi dan promosi kesehatan terpadu, layanan terhadap issu khusus yaitu kesehatan ibu dan anak serta kelompok rentan, sampai menyiapkan ketahanan pangan skala keluarga dan komunitas.

Kemitraan strategis Dompet Dhuafa dengan kementrian kesehatan dan seluruh pihak terkait, akan menguatkan kolaborasi yang saling mendukung upaya bangsa bersama seluruh masyarakat Indonesia dalam bersama memutus rantai penularan covid 19.

BACA JUGA  Anyaman Rotan Hasil Binaan Dompet Dhuafa Tembus Pasar Eropa

LEAVE A REPLY