Webinar pelatihan menulis online (foto:romy)

ZNEWS.ID, JAKARTA – ZNEWS sukses menggelar pelatihan menulis news dan feature di media online dengan narasumber yang sudah berkompeten di bidangnya masing – masing. Kamis (25/6/2020).

Acara pertama dibuka oleh Redaktur senior Republika, penulis buku, Irwan kelana membuka sesi pertama dengan tema ‘Menulis berita itu gampang’.

Dirinya memaparkan mengenai dasar kepenulisan berita dimana unsur yang terpenting dalam berita adalah 5W+1H yang dijabarkan dari alasan tentang kejadian tersebut terjadi, What (Apa), Where (Dimana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) dan How (Bagaimana).

“Intinya dalam berita adalah 5W+1H, namun yang membedakan dari setiap jurnalis adalah bagaimana cara ia memahami unsur tersebut dan menghidupkan tulisan itu,” papar Irwan Kelana.

 

Irwan Kelana (foto: Romy)

Selanjutnya, Irwan juga menjelaskan berkah menjadi seorang wartawan, dirinya pernah sekali diundang dari kerajaan Arab Saudi untuk berhaji dan mendapat kesempatan umrah gratis sebanyak 3 kali.

“Ada banyak motivasi yang saya dapatkan menjadi seorang jurnalis,” sambungnya.

Selanjutnya untuk pembicara kedua, Maghfiroh Yenni, seorang wartawan senior, penulis buku dan juga seorang dosen menyampaikan penulisan feature.

Pemred ZNEWS, Maghfiroh Yenni (foto: Romy)

“Tujuan penulisan feature itu menyampaikan informasi, menghibur, membangkitkan emosi, dan memperkaya batin dari pembaca,” ungkap Maghfiroh yang juga menjabat sebagai managing editor ZNEWS.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan cara pemilihan diksi, cara membuat judul, gaya penulisan feature.

Para peserta yang ikut sekitar 39 orang, diantaranya mahasiswa dan umum, mereka juga antusias dalam mengikuti workshop online tersebut selama kurang lebih 2 jam.

Pada acara penutup, para peserta diminta untuk menuliskan sebuah tulisan tentang apa saja dan nantinya dibahas oleh para nara sumber.

LEAVE A REPLY