Dompet Dhuafa Aceh terus melanjutkan kegiatan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui program kesehatan di era new normal. (Foto: DD Aceh)

ZNEWS.ID BANDA ACEH – Memasuki era new normal, Dompet Dhuafa Aceh terus melanjutkan kegiatan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui program kesehatan yang telah berjalan selama ini. Senin (22/6/2020), Tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh bersama Puskesmas Kuta Baro dan Kader setempat kembali melaksanakan pelayanan kesehatan di Pos Sehat Gampong Lamseunong, Mukim Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu Posbindu Lansia, yakni pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma bagi warga lanjut usia di gampong tersebut. Selain itu, tim LKC Dompet Dhuafa Aceh juga melakukan monitoring dan evaluasi protokol kesehatan Covid-19, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi. Tim LKC Dompet Dhuafa Aceh juga melakukan penyaluran perangkat alat cuci tangan, sabun, dan pembagian masker.

Tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh bersama Puskesmas Kuta Baro dan Kader setempat kembali melaksanakan pelayanan kesehatan di Pos Sehat Gampong Lamseunong, Mukim Lamblang, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Senin (22/6/2020). (Foto: DD Aceh)

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Aceh, dr Nuril Annissa Niswanto, mengatakan bahwa meskipun masih dalam kondisi pandemi yang belum berlalu, Posbindu Lansia ini tetap dilaksanakan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan status kesehatan masyarakat terutama lansia. Setiap kegiatan yang dilaksanakan tetap mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat, terutama dhuafa.

“Selain itu, monitoring protokol kesehatan Covid-19 juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan Kader setempat agar tetap menjaga diri secara maksimal. Ini merupakan selah satu langkah mencegah penyebaran, sekaligus menekan angka penularan Covid-19,” ucap Nuril.

Sementara itu, pada Selasa (23/6/2020), LKC Dompet Dhuafa Aceh juga mengadakan pelayanan kesehatan di Pos Sehat PTM Gampong Lampeuneueun, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Serangkaian kegiatannya terdiri dari monitoring dan evaluasi protokol kesehatan Covid-19, pembagian masker dan sabun cuci tangan, serta pembahasan program lanjutan yaitu senam sehat setiap bulan oleh Tim Dompet Dhuafa Aceh dan Kader setempat.

BACA JUGA  LKC Dompet Dhuafa Aceh Gelar Kegiatan APDC di Desa Neuhen
LKC Dompet Dhuafa Aceh juga mengadakan pelayanan kesehatan di Pos Sehat PTM Gampong Lampeuneueun, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (23/6/2020). (Foto: DD Aceh)

Staf LKC Dompet Dhuafa Aceh yang juga penanggung jawab Pos Sehat, Ns Sri Intan Khairunnisa, menyampaikan bahwa mengingat saat ini new normal, pos sehat akan kembali dilaksanakan secara rutin. Selain itu juga akan dilaksanakan senam sehat dihari yang sama dengan Posbindu PTM setiap bulannya.

“Kami terus berupaya mempertahankan status kesehatan masyarakat di tengah pandemi yang tak kunjung berlalu ini. Diharapkan dengan kegiatan semacam ini dapat meningkatkan pertahanan fisik masyarakat, terutama lansia yang terbilang rentan. Semoga kita terus dapat berjuang dalam mengabdikan diri di jalan kebaikan,” ujar Intan.

Oleh: Aini Aziz
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY