Ilustrasi mandi. (Foto: iStockphoto)

ZNEWS.ID JAKARTA – Olahraga baik bagi kesehatan. Banyak manfaat yang didapat dari berolahraga, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Setelah olahraga, sebaiknya kamu langsung membersihkan diri dengan mandi. Bisa dengan air hangat maupun dingin. Bisa juga diselingi keduanya. Mandi dengan air dingin atau hangat setelah olahraga memiliki manfaat masing-masing.

Dilansir dari Shape dan Popsugar, Rabu (23/6/2020), dokter Kristin Maynes menyarankan agar kita mencari tahu jenis air yang cocok dengan tubuh, hangat atau dingin, atau bahkan keduanya bergantian.

“Jika kamu aktif, membantu pemulihan setelah latihan yang intens (dengan) peregangan, yoga, dan lainnya kemudian mandi air hangat bergantian atau mandi air dingin akan membantu,” kata Maynes.

Air dingin setelah latihan dapat mengurangi mengurangi peradangan, menguatkan otot dan persendian sehingga mengurangi rasa sakit (seperti halnya cedera). Ini sangat penting untuk pemulihan.

“Ini seperti tombol jeda dalam penyembuhan untuk mengurangi respons cepat tubuh terhadap cedera, yang kadang-kadang bisa sangat menyakitkan,” ujarnya.

Setelahnya, kamu bisa beralih mandi menggunakan air hangat karena bisa meningkatkan pemulihan otot dan sendi, menghilangkan semua penumpukan sel-sel inflamasi, sel-sel mati, penumpukan jaringan parut dan lainnya.

Terkadang, kamu merasa lelah dan pegal setelah berjalan jauh? Cobalah mandi air dingin lalu hangat. Cara ini membantu meningkatkan mobilitas struktur tubuh sehingga kekakuan tidak terjadi.

“Ini sangat baik untuk digunakan pada tahap cedera subakut dan kronis,” kata Maynes.

Sementara, Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science di Nutrifood Center mengingatkan untuk mengambil jeda antara mandi setelah berolahraga. Agar, tubuh tidak kaget karena perubahan suhu yang mendadak.

“Jadi, usai berolahraga tunggulah beberapa sebelum mengguyur air tubuh kamu, kata Rendy.

BACA JUGA  Keluhan Penyakit Asam Lambung Meningkat Selama Pandemi, Ini Saran Dokter

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

LEAVE A REPLY