Layanan Siaga Ambulans Gratis Dompet Dhuafa Sumatera Selatan tetap berjalan seperti biasa selama pandemi Corona. (Foto: DD Sumsel)

ZNEWS.ID PALEMBANG – Empat bulan sudah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terjadi di Sumatera Selatan. Selama itu juga layanan Siaga Ambulans Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) tetap berjalan seperti biasanya.

Layanan antar jemput pasien ataupun jenazah buat keluarga dhuafa ini selalu menerapkan protokol pencegahan penyebaran Corona.

Staf Divisi Sosial dan Dakwah Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Ahabba Tholibin, menjelaskan bahwa pandemi Corona yang terjadi di Sumsel dan provinsi lainnya, tak hanya memberikan dampak pada kesehatan, tapi juga perekonomian warga.

“Terutama keluarga dhuafa di Sumsel. Kita tahu bersama, kini semakin sulit karena pandemi corona,” ujarnya, Senin (22/6/2020).

Penghasilan mereka ‘terjun bebas’ karena menurunnya aktivitas perekonomian warga. Tak sedikit dari mereka harus gulung tikar atau diputus kerja.

Dalam kondisi sulit ini, jika ada keluarga dhuafa yang jatuh sakit atau meninggal dunia, tentu mereka kewalahan jika harus membayar layanan ambulans dari pihak lain.

“Tapi, di Dompet Dhuafa Sumsel, layanan Siaga Ambulans gratis. Apalagi ini tengah pandemi corona. Kita ingin terus membantu keluarga dhuafa dan bersama-sama melewati masa-masa sulit ini,” ujarnya.

Ahabba juga mengungkapkan bahwa selama memberikan layanan antar jemput pasien atau jenazah beroperasi, pengguna layanan kerap bertanya soal biaya.

“Banyak yang sering hubungi kita, terus bertanya. Apa benar gratis? Kita tegaskan memang gratis, tidak perlu bayar biaya apapun,” ungkapnya.

Namun, terkadang memang ada pengguna layanan Siaga Ambulans yang meski mengetahui gratis, tetap melakukan donasi seikhlasnya lewat online ke Dompet Dhuafa Sumsel atau bahkan secara langsung dengan bukti kwitansi.

“Itu jadi donasi atau infak, tapi kalau tidak donasi pun tidak apa-apa. Karena, seperti yang kami katakan tadi, layanan Siaga Ambulans ini gratis,” kata Ahabba.

BACA JUGA  Moms, Ini Tips Menjaga Kesehatan Anak saat di Rumah Selama Pandemi

Oleh: Zal
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY