Penimbagan hewan kurban oleh tim THK DD. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan adalah berkurban. Ibadah Kurban tidak saja menjadi pengingat sejarah pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, ibadah ini juga dilanjutkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang disampaikan oleh Allah SWT dalam QS: Al-Hajj ayat 34,

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah”. (QS: Al-Hajj: 34)

Dalam melaksanakan ibadah kurban, kita tentu menginginkan proses yang mudah, terjamin, dan terpercaya. Sehingga, daging hewan kurban dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang dan kebaikan ibadah kurban kita menjadi lebih bermakna.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga filantropi Islam di Indonesia memiliki program Tebar Hewan Kurban (THK). Program ini memberikan layanan berkurban yang memiliki banyak keutamaan.

Apa saja keunggulan dan keistimewaan berkurban melalui Dompet Dhuafa? Simak 5 keutamaan berkurban di Dompet Dhuafa berikut ini, seperti dilansir dari dompet dhuafa.org, Senin (21/6/2020).

1. Bayar Kurban Mudah dengan Berbagai Chanel Online

Untuk berkurban di Dompet Dhuafa, Anda tidak perlu datang langsung ke kantor atau konter. Anda bisa melakukannya secara online di kurban.dompetdhuafa.org.

Melalui kanal tersebut, pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ATM, transfer bank online, dan berbagai kanal pembayaran online lainnya sepert OVO, LinkAja, dan lain-lain. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Membuka website kurban.dompetdhuafa.org.
  • Pilih hewan kurban dan harga yang tertera.
  • Isi form pendaftaran secara lengkap.
  • Lakukan pembayaran.
  • Konfirmasi pembayaran.
  • Bukti transaksi akan dikirimkan ke email atau nomor dari pekurban.
BACA JUGA  Cerita Tim Dompet Dhuafa Melakukan QC Hewan Kurban di Pelosok Desa

Selain melalui website, Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce untuk pembelian kurban. Anda juga bisa membeli hewan kurban di ZMall.id. Tentunya, proses ini sangat memudahkan dan tidak perlu repot pergi jauh-jauh untuk melaksanakan kurban.

2. Laporan Kurban untuk Pekurban

Setelah kurban dilaksanakan, para perkurban akan mendapatkan sertifikat kurban serta laporan bukti bahwa hewan kurban atas nama yang telah didaftarkan sudah dipotong.

Kita tidak perlu khawatir dengan kredibilitas lembaga. Karena, semuanya akan terlaporkan kepada pekurban.

3. Hewan Kurban Berkualitas dan Melalui Quality Control System

Dengan menggunakan layanan kurban di Dompet Dhuafa, kita tidak perlu lagi repot mencari hewan kurban, memilih yang kualitasnya baik, dan memastikan semuanya sesuai dengan syariah. Hal-hal tersebut sudah dilakukan oleh Dompet Dhuafa saat memilih hewan kurban.

Dompet Dhuafa memiliki Quality Control System tersendiri yang memastikan hewan kurban sudah layak untuk dikurbankan pada hari raya Iduladha nanti. Proses ini juga dilakukan maksimal 2 minggu sebelum kurban dan dilaksanakan kembali saat sebelum pemotongan sebagai bentuk monitoring.

4. Manfaat Kurban Sampai ke Pelosok Negeri

Sejak 1993, Dompet Dhuafa sudah melaksanakan kurban melalui program Tebar Hewan Kurban ke seluruh pelosok Indonesia. Dompet Dhuafa mengutamakan daerah-daerah terpencil dan jarang terakses untuk membagikan hewan kurban tersebut.

Hal ini bertujuan agar pembagian hewan kurban tidak menumpuk di perkotaan dan dapat dirasakan oleh banyak masyarakat lainnya, khususnya yang membutuhkan dan jarang makan daging.

5. Memberdayakan Peternak Lokal

Berkurban di Dompet Dhuafa juga sekaligus membantu dan memberdayakan para peternak lokal. Seluruh kambing, domba, dan sapi yang akan dijadikan hewan kurban dikelola oleh para peternak. Hal ini menjadi nilai tambah bagi usaha yang mereka jalankan.

BACA JUGA  Hukum Potong Kuku dan Rambut bagi yang Hendak Berkurban 

Ini juga menjadi keutamaan berkurban, sehingga memutar perekonomian para peternak. Bukan saja para peternak, tapi juga orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari penghasil pakan ternak, penyembelih, juru masak, dan lain-lain.

Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY