Dompet Dhuafa Waspada membagikan sembako gratis kepada dhuafa terdampak (foto:Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID, MEDAN –

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat islam diseluruh dunia. Bulan penuh berkah dan ampunan yang dinanti-nanti kehadirannya. Pada bulan Ramadhan juga terdapat banyak pelajaran hidup yang ditampilkan. Mengajarkan setiap kita untuk ikhlas dan tabah dalam menjalankan ibadah kepada Allah swt. Perbanyak ibadah untuk meraih ridhonya.

Di bulan yang berkah ini pula orang berbondong-bondong melakukan kebaikan kepada sesama diantaranya infaq, sedekah terutama zakat fitrah dan zakat maal. Tidak sedikit juga yang menitipkan amal kebaikan tersebut ke lembaga-lembaga terpercaya di Sumatera Utara yang tergabung dalam anggota FOZ Sumatera Utara. Maka pada Ramadhan ini banyak pula orang-orang kurang mampu yang terbantu dalam bulan penuh berkah ini.

Ketua FOZ Sumut Munawar menyampaikan dalam press realesenya, “Alhamdulillah, tercatat terdapat 60.419 jiwa yang terdampak Covid-19 yang mendapatkan bantuan selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri. Dengan jumlah penghimpunan keseluruhan sebanyak Rp. 6.852.271.757,- yang telah terhimpun selama bulan Ramadhan,” ujar Munawar.

Ia menambahkan, tentu saja jumlah tersebut merupakan kontribusi luar biasa yang dihasilkan dari 20 lembaga anggota FOZ (Forum Zakat) Sumatera Utara, walaupun angka ini masih jauh dari potensi zakat yang ada di wilayah Sumatera Utara.

“Semoga untuk tahun-tahun selanjutnya, anggota FOZ Sumut dapat memberikan kontribusi hebat lainnya untuk masyarakat dan masyarakat semakin semangat dalam melakukan kebajikan dengan menyisihkan sedikit penghasilannya untuk membantu sesama,” sambung Munawar.

“Dari 20 anggota FOZ Sumut, baru 70 persen anggota yang melaporkan data angka penghimpunannya dan 80 % yang melaporkan angka jumlah penerima manfaatnya untuk program Ramadhan. Semoga di kegiatan akbar selanjutnya data bisa terkumpul 100 % dari seluruh anggota, pun demikian anggota FOZ Sumut dapat bertambah dari lembaga zakat dan kemanusiaan lainnya dari kabupaten kota di seluruh Sumatera Utara”, tambah M. Iqbal Farizi, Sekretaris FOZ Sumut.

BACA JUGA  Matahari Serahkan Donasi Pelanggan Rp 105 Juta untuk Cekal Corona

Sumber: FOZ Medan

LEAVE A REPLY