Lorenzo Insigne (mengangkat trofi), pelatih Gennaro Gattuso (kiri), dan para pemain Napoli merayakan keberhasilan menjuarai Piala Italia 2020 setelah menang adu penalti 4-2 atas Juventus pada pertandingan final yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (17/6/2020). (ANTARA/AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

ZNEWS.ID JAKARTA – Keberhasilan Napoli menjuarai Piala Italia 2020 setelah menang adu penalti 4-2 atas Juventus pada pertandingan final, Rabu setempat atau Kamis (18/6/2020) dini hari WIB, membuat klub berjuluk “Partenopei” itu menggenggam gelar keenamnya di ajang domestik tersebut.

Pemenang pertandingan harus ditentukan dari adu penalti setelah pertandingan selama waktu normal gagal menghasilkan satu gol pun.

Pada adu penalti, Dybala menjadi penendang pertama Juve dan kemudian gagal menunaikan tugasnya. Eksekutor pertama Napoli Insigne justru mampu menaklukkan Buffon.

Algojo kedua Juve Danilo juga tidak mampu mengeksekusi penalti dengan sempurna. Penendang berikutnya adalah Matteo Politano yang sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Napoli memimpin 2-0.

Bek senior Juve Leonardo Bonucci sebagai algojo ketiga berhasil menjalankan tugasnya. Demikian pula algojo ketiga Napoli Maksimovic. 3-1

Keberhasilan Aaron Ramsey sebagai penendang penalti keempat sempat memunculkan harapan bagi Juve untuk memperpanjang adu penalti. Namun Milik yang menjadi algojo keempat Napoli berhasil memasukkan bola untuk memastikan timnya menjuarai Piala Italia.

Terakhir kali Napoli merengkuh gelar Piala Italia adalah pada 2013/2014. Pada final enam tahun silam, mereka mendulang kemenangan 3-1 atas Fiorentina.

Sedangkan pertemuan terakhir di final Piala Italia melawan Juve terjadi pada 2012. Napoli sukses menggenggam kemenangan 2-0 berkat gol yang disumbangkan penalti Edinson Cavani dan Marek Hamsik.

Khusus bagi pelatih Genarro Gattuso, prestasi ini terasa semakin istimewa. Gelar Piala Italia ini merupakan gelar perdana yang pernah dimenangi Gattuso sebagai pelatih, setelah ia mengambil alih kursi panas dari Carlo Ancelotti pada Desember silam.

Sedangkan bagi juara Piala Italia terbanyak, Juventus, hasil ini memperpanjang puasa gelar mereka di ajang piala domestik.

Bagi pelatih Maurizio Sarri, kekalahan itu juga memperpanjang penantiannya untuk memenangi trofi bersama tim Italia. Sepanjang kariernya, Sarri belum pernah mengangkat trofi bersama klub dalam negeri.

Terakhir kali “Bianconerri” menjuarai Piala Italia adalah pada 2018. Saat itu mereka menghancurkan AC Milan dengan skor 4-0 pada pertandingan puncak melalui gol-gol dari Medhi Benatia, Douglas Costa, dan Nikola Kalinic.

 

Editor: Dhany

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY