Tampilan aplikasi Quran Kemenag. (Kemenag)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) terus melakukan pengembangan layanan mushaf Alquran bagi umat muslim Indonesia. Terbaru, pada 12 Mei 2020, LPMQ mengeluarkan aplikasi Quran Kemenag Versi 2.00 Beta 4.

Aplikasi mushaf Quraan digital berbasis android dan IOS ini hadir dengan beberapa fitur baru yang belum kita temui pada Quran Kemenag versi terdahulu. Berikut kelebihan Quran Kemenag  versi 2.00 Beta 4, seperti dilansir dari kanan resmi Kemenag, Kamis (18/6/2020).

Tampilan Beranda yang Interaktif 

Perubahan aplikasi Quran Kemenag dapat langsung terasa saat kita membuka laman beranda. Pada bagian atas laman yang didominasi warna hijau, pengguna dapat melihat informasi jadwal waktu salat lima waktu pada setiap kota dan kabupaten se-Indonesia sesuai dengan standar Kementerian Agama. Masih pada bagian atas, pengguna juga memperoleh informasi tanggal dalam tahun hijriyah maupun miladiyah.

Masih pada laman yang sama, pada bagian tengah terdapat tujuh ikon fitur yang terdapat dalam Quran Kemenag, yaitu: Quran per Ayat, Quran per Halaman, Tafsir, Scan Barcode, LPMQ Channel, Kompas Kiblat, dan Pengaturan.

Sementara pada bagian bawah, terdapat tabel Statistik Penggunaan yang dapat menunjukkan aktivitas penggunaan Quran Kemenag. Pada tabel ini, pengguna dapat mengetahui berapa halaman mushaf yang sudah di baca dan berapa lama menggunakan Quran Kemenag dalam sehari dan sepekan terakhir.

Proses Hafalan Lebih Mudah dengan Fitur Pengulangan MP3 Murotal 

Keunggulan kedua yang penulis temui dalam Quran Kemenag versi 2.00 Beta 4 adalah fitur murottal MP3 yang dapat diulang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan fitur ini, tentunya memberikan kemudahan pengguna bila ingin menghafal Alquran.

Untuk menggunakan fitur ini, pertama pengguna dapat meng-klik ikon Quran per Ayat atau Quran per Halaman yang ada pada laman beranda. Selanjutnya, pengguna mengklik ikon pengaturan yang ada pada  sebelah kiri bawah laman mushaf Quran. Pada layar kita akan melihat pilihan berapa kali MP3 akan diputar, dan  ayat mana saja yang akan dibacakan.

BACA JUGA  Kemenag Terbitkan Surat Panduan Salat Id di Masa Pandemi

Variasi Pilihan MP3 Murotal

Masih pada fitur MP3 Murotal, jika pada versi sebelumnya hanya tersedia suara murotal Quraan Syekh Mahmud Khalil al-Husairy, maka dalam versi terbaru ini pengguna memiliki lebih banyak pilihan.

Quran Kemenag versi 2.00 Beta 4 ini sekurangnya menghadirkan 17 pilihan murotal mulai dari bacaan Syekh Abdul Basit Mujawwad hingga Syekh Yasser al-Dosary.

Blok Warna Hukum Tajwid 

Keunggulan keempat Quran Kemenag versi 2.00 Beta 4 adalah terdapatnya blok warna pada setiap kalimat yang mengandung hukum tajwid. Meskipun fitur ini baru bisa kita temui pada pilihan Quran per Halaman, tetapi keberadannya sangat membantu pengguna untuk mengingat hukum tajwid pada setiap bacaannya.

Melihat pola blok pewarnaanya, penulis menduga penerapannya mengacu pada Pedoman Sistem Pewarnaan dengan Tiga Model Utama yang dikeluarkan LPMQ tahun 2010.  Di dalamnya tercantum tiga model utama, yaitu:

  1. Model Akademik, adalah pola pewarnaan berdasarkan kaidah tajwid, yaitu pewarnaan pada huruf-huruf dan harakat yang menimbulkan sebuah hukum bacaan tajwid.
  2. Model Fonetik, adalah pola pewarnaan berdasarkan pelafalan yaitu pewarnaan pada huruf dan harakat yang dilafalkan karena mengandung hukum tajwid.
  3. Model Praktis, adalah pola pewarnaan berdasarkan pada tanda baca yang menunjukkan hukum tajwid.

Kompas Kiblat 

Seperti kita ketahui, salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat. Fitur kompas kiblat ini menurut penulis amat membantu bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, dan tidak ingin kehilangan keabsahan salat lima waktunya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengklik ikon Kompas Kiblat pada laman beranda, kemudian meletakkan ponsel pintarnya pada bidang datar. Kemudian, jarum kompas dengan simbol Kakbah pada layar akan menunjukkan ke mana arah kiblat.

Channel LPMQ 

BACA JUGA  Pemerintah Tunggu Keputusan Arab Saudi soal Ibadah Haji Tahun Ini

Fitur terakhir yang cukup menarik dalam aplikasi ini adalah Channel LPMQ. Bila klik ikon fitur Channel LPMQ yang ada pada laman beranda Qur’an Kemenag, pengguna kemudian akan diarahkan pada laman yang menampilkan sederetan video tentang pembelajaran Alquran yang telah diproduksi LPMQ.

Mempelajari hikmah Alquran melalui video interaktif tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan fitur Channel LPMQ ini, pengguna tidak perlu repot untuk pindah ke aplikasi lain untuk mencari video-video pembelajaran Alquran tersebut.

Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY