Direktur Dakwah, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Shonhaji saat menebar bibit lele (foto: romy)

ZNEWS,ID, JAKARTA – Untuk menggalakkan upaya Cekal (Cegah Tangkal) pandemi virus Corona (Covid-19). Dompet Dhuafa bersama komunitas Rumah Ijo Indonesia meluncurkan program ketahanan pangan keluarga dengan penyerahan benih tanaman dan penebaran bibit lele (Budikdamber).

“Mudah-mudahan sinergi Rumah Ijo dan Dompet Dhuafa bisa berkelanjutan dengan baik. Yang akan kami inginkan kebaikan dari produk tanaman dan ternak lele ini bisa memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Abdullah Husein, ketua komunitas Rumah Ijo dalam acara launching di Ciputat, Tangsel, Rabu (17/6/2020).

Dengan memanfaatkan area Rooftop, Komunitas Rumah Ijo membuat kebun pangan yang dimulai sejak tahun lalu dan hasil panen yang ada bisa diberikan kepada dhuafa yang membutuhkan. Kebun Pangan Keluarga merupakan upaya untuk menguatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga di tengah situasi pandemi yang serba terbatas ini, yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan pangan dasarnya dari halaman rumah sendiri.

Ditempat yang sama, Direktur Dakwah, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Shonhaji mengatakan pemberdayaan kebun pangan ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat sekitar, dengan lahan yang luas ataupun terbatas bisa memberikan kemaslahatan untuk keluarga dan lingkungan.

Direktur Dakwah, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Shonhaji saat menyebar bibit tanaman. (foto: romy)

“Dengan adanya kebun pangan keluarga ini memberikan pembelajaran juga di wilayah lain, dan yang terpenting bisa memberikan manfaat yaitu kembali ke masyarakat,” ujar Ustaz Ahmad Shonhaji.

BACA JUGA  Solusi Ekonomi bagi Dhuafa: Libatkan Mereka sebagai Pelaku, Bukan Lagi Penonton

LEAVE A REPLY