Ilustrasi. (Foto: goodnewsfromindonesia.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Tidak terasa Ramadan sudah menginjak hari ke 21. Sudahkah kita menggunakan hari berlipat gandanya pahala amalan dengan membaktikan diri pada orang tua kita? Orang yang jasanya tidak akan pernah dapat kita balas walau sudah banting tulang ke sana ke mari.

Sebagai seorang muslim, berbakti kepada orang tua menjadi bukti ketauhidan pada Allah. Allah berfirman dalam QS An-Nisa:36 yang artinya l:

“Dan kalian sembah lah Allah dan jangan kalian sekutukan Ia dengan apa pun, dan dengan bersikap baik kepada kedua orang tua”.

Selain merupakan kewajiban berbakti kepada orang tua juga mendatangkan kesuksesan dalam hidup. Sebagaimana yang diceritakan oleh Supiansyah tentang pengalaman pribadinya saat siaran langsung Facebook Sekolah Guru Indonesia (SGI) pada Ramadan Guru Nusantara belum lama ini.

Koordinator Wilayah Sekolah Guru Indonesia (SGI) Sumatera Barat ini merupakan anak ke 5 dari 9 bersaudara. Supiansyah satu-satunya anak yang bersekolah hingga ke perguruan tinggi.

Dia merantau dari Aceh ke Medan untuk bersekolah dengan tujuan ingin membahagiakan orang tuanya. Dan, alhamdulillah, sekarang dia berhasil mencapai cita-citanya menjadi seorang Guru.

Supiansyah ingin membagikan caranya berbakti kepada orang tua yang membuat kehidupannya saat ini menjadi lebih bahagia, berikut hal-hal yang ia lakukan:

  1. Memandangnya dengan tatapan cinta.
  2. Berkata lemah lembut.
  3. Meminta doanya.
  4. Menyenangkan hatinya. Memperlakukan dengan baik, memberi hadiah, dan mengucapkan selamat saat ulang tahun atau jika ada momen bahagia lainnya.
  5. Menunjukkan kesungguhan bahwa kita ingin berbakti. Mencuci kakinya, memeluk dan mencium, patuh dan taat jika tidak bertentangan dengan agama.

Supiansyah berpesan untuk memanfaatkan momen ketika orang tua masih ada dengan memperlakukannya dengan baik seperti yang dilakukannya.

BACA JUGA  Rahasia Ubah Perilaku Murid dengan Teknik NLP

Jika orang tua sudah tidak ada, kita juga dapat berbakti dengan senantiasa mendoakannya, melunasi utang-utangnya, serta menjalin hubungan baik dengan kerabatnya.

“Selamat menggunakan momen 9 hari terakhir Ramadan untuk senantiasa berbakti kepada orang tua kita,” kata dia.

Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY