Dompet Dhuafa Singgalang (DD Singgalang) kembali menyalurkan bibit ikan nila ke 5 kepala kekuarga (KK) yang ada di Kampung Pinang RT 01 RW 01, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (30/4/2020). (Foto: DD Singgalang)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dompet Dhuafa Singgalang (DD Singgalang) kembali menyalurkan bibit ikan nila ke 5 kepala kekuarga (KK) yang ada di Kampung Pinang RT 01 RW 01, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (30/4/2020). Sebanyak 46.000 bibit ikan nila diberikan kepada penerima manfaat.

Sejak digulirkan pada Januari 2020, bentuk pengembangan dan program menyejahterakan masyarakat melalui peluang usaha budi daya ikan nila ini memasuki tahap kedua.

Divisi Program Ekonomi DD Singgalang, Eki, mengatakan bahwa program Kampuang Nila periode kedua ini merupakan program Dompet Dhuafa Singgalang yang kembali memberi peluang kepada masyarakat untuk berwirausaha.

“Program bibit ikan nila ini diberikan kepada masyakat yang berhak menerima dana zakat, atau salah satu dari mustahik yang telah ditetapkan. Kami memilih asnaf niskin yang memiliki kolam dan telah berpengalaman membudidayakan ikan nila sebelumnya, untuk meminimalisasi kerugian dan mengefektifkan hasil yang diperoleh,” kata Eki.

Harapannya, bibit ikan nilai periode kedua ini menghasilkan keuntungan bagi masyarakat yang mengelola nantinya. Sebagaimana penerima bantuan bibit tahap pertama, yang akan panen ikan pada pertengan Juni mendatang.

“Semoga hasilnya baik dan berkembang sehingga akan ada penyaluran bibit periode ketiga bahkan seterusnya. Menimbang Kampuang Nila merupakan lokasi strategis dengan banyaknya kolam budi daya ikan dan masyarakat yang layak menerimanya,” tutur Eki.

Sementara, Nelsa Aulia Putri, selaku pendamping Budi Daya Ikan Nila, mengatakan bahwa tidak hanya memberikan bibit ikan nila, DD Singgalang juga memberikan pakan ikan dan pengarahan terhadap masyarakat saat membudidayakan ikan. Agar, memperoleh hasil yang lebih maksimal.

“Masyarakat dibimbing saat membudidayakan ikan, tentang takaran pemberian pangan, kebersihan kolam yang harus selalu terjaga serta mengedukasi masyarakat bahwa ikan merupakan makanan penuh vitamin yang baik untuk dikonsumsi,” kata Nelsa.

BACA JUGA  DD Singgalang Launching Program KPK untuk Penuhi Nutrisi Keluarga

Sedangkan, Jupri, penerima manfaat, menyampaikan terima kasih kepada DD Singgalang atas bantuan yang telah diberikan.

“Saya sangat berharap, modal yang diberikan ini dapat membantu saya lebih mandiri dan lebih maju mengelola usaha serta menyejahterakan perekonomian dari sebelumnya,” kata Jupri.

Oleh: Kiki
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY