Manajer Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel, drg Miko. (Foto: DD Sumsel)

ZNEWS.ID PALEMBANG – Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) kembali melakukan aksi kemanusian di bulan suci Ramadan, yakni menyalurkan paket berbuka dan takjil, Sabtu (2/5/2020).

Puluhan relawan kembali dilibatkan untuk membagikan ratusan paket berbuka dan takjil kepada keluarga dhuafa. Terlebih kepada mereka yang merasakan langsung dampak dari pandemi Corona.

Sebelum aksi dimulai, Manajer Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sumsel, drg Miko, mengingatkan para relawan untuk menerapkan protokol pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Terapkan physical distancing (jaga jarak 1-2 meter, tidak berkontak-red) selama di dalam maupun di luar ruangan. Relawan yang turun dalam aksi pembagian paket berbuka dan takjil harus menggunakan masker. Minimal masker kain,” katanya.

Meski telah menggunakan masker sekalipun, Miko mengingatkan agar relawan tidak menyentuh anggota tubuh seperti mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan. Peraturan ini, kata dia, wajib diterapkan sebelum membagikan paket berbuka dan takjil. Tangan juga harus dicuci sampai bersih.

“Hindari kerumunan dan tetap menginstruksikan jaga jarak saat membagikan paket berbuka dan takjil. Pembagian tim dengan rapi dan efektif. Jumlah anggota tim yang bertugas diatur dan waktu bergantian supaya tidak kelelahan,” trangnya.

Masih kata Miko, sebelum turun dalam kegiatan menyalurkan paket berbuka dan takjil, relawan juga harus menjaga kondisi tubuh, terutama istirahat.

“Terpenting juga yang perlu diingat, saat dokumentasi foto, jangan lupa tetap mengutamakan physical distancing. Tidak boleh publikasi foto yang tidak sesuai prosedur tetap Cekal Corona. Saat kegiatan ini, tim medis juga harus selalu selalu siaga,” ujarnya.

Terakhir, lanjut Miko, setelah kegiatan penyaluran paket berbuka puasa dan takjil selesai, saat relawan kembali ke rumah, segera mandi sampai bersih dan segera berganti pakaian.

BACA JUGA  Update Corona: Positif Bertambah 4.301, Sembuh 4.048 dan 84 Meninggal

Menurutnya, dengan protokol pencegahan penyebaran Corona ini, makanan yang disalurkan dipastikan steril. Relawan yang menyalurkan pun bisa terlindungi.

Oleh: Zal
Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY