ZNEWS.ID JAKARTA – Indonesia berhasil menyabet tiga gelar turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2020 dari lima partai final yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19//2020).

Gelar-gelar tersebut diraih Anthony Sinisuka Ginting tampil, Greysia/Apriyani, dan  Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sementara dua gelar lainnya diraih ganda campuran China Zheng/Huang dan tungal putri Thailand Ratchanok Intanon.

Anthony Sinisuka Ginting tampil sebagai juara tunggal putra Indonesia Masters 2020 setelah menyingkirkan juara bertahan asal Denmark Anders Antonsen dalam rubber game 17-21, 21-15, 21-9.

Kemenangan ini mengembalikan gelar juara kepada Anthony yang meraih gelar Indonesia Masters pada 2018, sekaligus menjadi kegagalan bagi Antonsen untuk mempertahankan gelar yang pernah ia raih dalam ajang yang sama tahun lalu.

Pada gim pembuka baik Anthony dan Antonsen sama-sama bersikeras menciptakan keunggulan dengan memainkan pola pukulan cepat hingga adu permainan di depan net. Antonsen membuka keunggulan atas Anthoy pada gim pertama.

Meski tertinggal di gim pertama, Anthony bermain dengan lebih meyakinkan pada gim kedua hingga menyamakan kedudukan 1-1 dan memaksa Antonsen menjalani gim penentu.

Pada gim ketiga, pertahanan yang dibuat Anthony sulit ditembus oleh unggulan keempat Antonsen, bahkan ia berusaha memanfaatkan serangan balik untuk mencuri angka saat stamina Antonsen mulai melemah setelah meladeni pukulan reli.

Kemenangan ini menambah daftar keunggulan Anthony atas Antonsen menjadi 3-0. Dua pertemuan sebelumnya yang juga dimenangi Anthony terjadi di Malaysia Masters 2018 dan China Open 2019.

Nomor Ganda

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil mempertahankan gelar juara ganda putra Indonesia Masters 2020 setelah mengalahkan rekan senegara Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak final dengan dua gim langsung 21-15, 21-16.

Keberhasilan ini sekaligus menjadi hattrick bagi Minions di sektor ganda putra Indonesia Masters setelah sebelumnya juara di tahun 2018 dan 2019, selain itu Minions juga kembali mempertahankan keunggulan tahun 2019 yang kala itu juga melakoni All Indonesian Final dengan The Daddies.

Sementara wakil Indonesia dari sektor ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar juara setelah pada laga final, pasangan peringkat enam dunia itu menaklukkan ganda putri asal Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dalam tiga gim berdurasi 79 menit dengan skor 18-21, 21-11, 23-21.

Hasil pertandingan itu tentu saja menambah catatan kemenangan Greysia/Apriyani atas Fruergaard/Thygesen. Pada lima laga sebelumnya, Greysia/Apriyani belum pernah sekalipun kalah dari pasangan Denmark tersebut.

Tunggal Putri

Pebulu tangkis tunggal putri asal Thailand Ratchanok Intanon keluar sebagai juara. Dalam laga puncak turnamen bulu tangkis level Super 500 Idonesia Masters sukses menundukkan pemain asal Spanyol Carolina Marin dalam rubber game dengan skor 21-19, 11-21, 21-18.

Dalam nomor ganda campuran, duel sesama pasangan China tersaji dalam laga final. Partai puncak itu mengantarkan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong merebut gelar juara setelah mengalahkan Wang Li Lyu/Huang Dong Ping skor 21-9, 21-9 dalam tempo 23 menit di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Kemenangan ini mengantarkan Zheng/Huang meraih gelar ketiga secara berturut-turut di ajang Indonesia Masters sejak 2017, yang memastikan belum terpatahkannya dominasi mereka.

Kondisi Huang (Dong Ping) yang kurang fit juga membuat pasangan unggulan kedua tersebut tak dapat berbuat banyak dan menyerah dua gim langsung dari Zheng/Huang yang merupakan ganda campuran peringkat wahid dunia.

“Dong Ping kurang fit, jadi ini mempengaruhi performa mereka yang tidak seperti biasanya, karena kemampuan individunya tak bisa dikeluarkan maksimal,” ujar Huang setelah pertandingan. (ant)

 

LEAVE A REPLY