ZNEWS.ID, JAKARTA – Membangkitkan gairah perekonomian melalui pertanian dan peternakan lokal Indonesia, menjadi salah satu konsen kiprah 26 tahun Dompet Dhuafa, di kancah dunia filantropi. Dalam menapaki perjalanan tersebut, kerja-kerja pemberdayaan terus bergulir dan tidak sedikit membuahkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Bahkan di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, lembaga filantropi islam tersebut, tak ketinggalan untuk ambil peran.

Kali ini, menghadapi laju ekonomi di era digital, Dompet Dhuafa kembali mengepakkan kolaborasi dengan menggandeng TaniHub. Kolaborasi tersebut untuk mengembangkan inovasi teknologi di bidang social enterprise yang memberikan dampak besar bagi petani maupun peternak lokal Indonesia. Melalui layanan peer-to-peer lending TaniFund—sister company dari TaniHub, kedua belah pihak mencoba mewujudkan kesejahteraan petani dan peternak lokal. Bentuk kerja sama tersebut berupa opsi pembiayaan bagi peternak hewan kurban binaan Dompet Dhuafa, senilai 50 miliar. Dana tersebur didistribusikan kepada 25 kelompok ternal, masing-masing mendapatlan investasi Rp 2 miliar dengan pola bagi hasil.

“DD dengan Tanihub-Tanifund memiliko kesamaan visi berbuat yg memiliki dampak sosial “ungkap Nasyith Madjidi, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republoa, saat acara penandatangan kerjasama DD dengan TaniHub Grup.

Pengembangan teknologi bersama TaniFund bertujuan untuk mengembangkan kapasitas para peternak lokal di berbagai provinsi di Indonesia, melalui sentra ternak. Peran kelompok atau sentra ternak adalah memberdayakan peternak binaan dan mengoptimalkan hasil produksi. Dalam program tersebut, di tahap awal melahirkan 25 kelompok ternak di Pulau Jawa. Targetnya adalah menghasilkan 50.000 hewan ternak yang penyerapannya melalui Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa.

“Seiring dengan perkembangan dunia digital, kolaborasi memberdayakan peternak mandiri dalam upaya membangun negeri. Menjadi satu keniscayaan untuk menciptakan Social Enterprise. Sehingga peternak dapat merasakan dampaknya secara langsung. Dompet Dhuafa dan TaniFund berkolaborasi, berinovasi dengan teknologi terkini, untuk menjangkau semua kalangan. Selain itu, melalui kolaborasi ini, kami mengajak dan mengajarkan kepada para peternak untuk mengelola usahanya secara professional,” jelas drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

TaniFund bersama Dompet Dhuafa melangkah bersama untuk melaju, membangun ekonomi di sektor pertanian dan peternakan. Inovasi tersebut menjadi tonggak bagi kemajuan pertanian dan peternakan di Indonesia. Sehingga kedepannya dapat sejajar dengan negara-negara di Asia-Pasifik maupun Dunia. Pemilihan kolaborasi Dompet Dhuafa tak luput atas terdaftarnya TaniHub di Otoritas Jasa Keuangan.

Ivan Arie Sustiawan, selaku CEO TaniHub Group mengatakan “Kerja sama ini merupakan inovasi baru kami bersama Dompet Dhuafa, untuk memberdayakan para peternak di Indonesia. Sejalan dengan salah satu pilar kami, yaitu Social Impact. TaniFund dapat menjadi solusi bagi petani dan peternak untuk mendapatkan akses kepada keuangan (access to finance). Sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi. Kami berharap, dapat terus menciptakan inovasi bersama Dompet Dhuafa untuk menciptakan kebaikan bagi masyarakat banyak dan lebih luas lagi”.

TaniHub Group sudah memulai kolaborasi perdana dengan Dompet Dhuafa melalui program pengadaan hewan kurban dalam menyambut hari raya Iduladha. Melalui program “Tebar Hewan Kurban” yang telah bergulir sejak 1994, platform e-commerce pertanian TaniHub menyediakan opsi tambahan hewan kurban, yaitu kambing dan sapi di aplikasi. Sehingga melalui gawai pintarnya yang telah terinstal TaniHub, masyarakat dapat menyalurkan hewan kurban hingga sebulan jelang Idul Adha. Selama program berjalan, setiap transaksi di aplikasi TaniHub, otomatis akan masuk donasi sebesar 2,5 persen melalui Dompet Dhuafa.

Sekilas tentang DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Sekilas tentang TaniHub Group
TaniHub, TaniFund, dan TaniSupply bernaung di bawah agritech startup TaniHub Group dengan visi ‘Agriculture for Everyone’, yang diwujudkan dengan mempercepat dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi. Agriculture (Pertanian), Technology (Teknologi), dan Social Impact (Dampak Sosial) adalah tiga pilar utama perusahaan dalam menciptakan ekosistem untuk menata ulang sektor pertanian di Indonesia.

TaniHub adalah e-commerce platform B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani, bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user. TaniHub didirikan pada pertengahan 2016 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya TaniHub, para pendiri kemudian melihat bahwa petani tidak hanya membutuhkan akses terhadap pasar, tetapi juga akses terhadap kebutuhan finansial. Maka pada 2017, platform crowdfunding TaniFund pun didirikan sebagai solusi permasalahan pendanaan yang dihadapi petani.

Dengan kedua unit tersebut, TaniHub Group berharap dapat mewujudkan cita-cita ketahanan dan kecukupan pangan di Indonesia.

LEAVE A REPLY