ZNEWS.ID SALATIGA — Dompet Dhuafa dan IAIN Salatiga berencana menjalin sinergi untuk menjadikan kampus menjadi pusat keunggulan selain sebagai kampus hijau. Lahirnya inisiasi program ini juga untuk mendukung IAIN Salatiga menjadi kampus yang mengembangkan dakwah untuk kemakmuran masyarakat luas.

Hal ini sejalan dengan misi Dompet Dhuafa dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan mendukung gerakan dakwah serta budaya nusantara. Model kerjasama ini sejalan dengan prinsip filantropreneur yang digadang Dompet Dhuafa untuk kemajuan umat dan bangsa Indonesia.

Inisiasi kerjasama ini tercetus saat  Inisiator, Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi berkunjung ke IAIN Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah dan diterima langsung Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin MAg pada Jumat (13/9).

“Melaksanakan tugas kemanusiaan secara universal sudah menjadi kewajiban untuk mendukung terciptanya masyarakat yang berkualitas. Kampus menjadi satu bagian penggeraknya dan Dompet Dhuafa memiliki pengalaman untuk bersinergi dengan tujuan untuk membangun kualitas umat dan bangsa,” kata Parni Hadi.

Salatiga sebagai sabuk di Jawa Tengah, lanjut Parni menjadi mitra strategis Dompet Dhuafa dalam rangka mendukung terwujudnya IAIN Salatiga yang hijau dan menghidupi.

Rektor IAIN Salatiga pun mengamini yang disampaikan Parni. Ia menambahkan, IAIN bersemangat karena peran pentingnya dalam rangka melaksanakan dakwah bil hal sekaligus mampu melakukan dakwah bil qalam bersama Dompet Dhuafa.

Program kerjasama ini nantinya akan langsung diimplementasikan di kawasan IAIN Salatiga di antaranya, integrated farming. Konsep yang akan melibatkan peran kampus dan masyarakat sekitarnya.

Langkah awal yang segera direalisasikan yakni pemanfaatan lahan tidur sekitar kampus untuk direhabilitasi menjadi persawahan produktif. Persawahan organik yang diharapkan menjadi nilai tambah bagi kampus dan masyarakat sekitarnya.

LEAVE A REPLY