Ilustrasi mata. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Bersamaan dengan pertumbuhan jumlah penduduk global, prevalensi penyakit mata semakin meningkat. Menurut laporan dari Jurnal The Lancet, diproyeksikan bahwa pada 2050, sekitar 895 juta orang di seluruh dunia akan menghadapi masalah kesehatan mata, mengalami peningkatan drastis sebesar 150% dalam tiga dekade yang akan datang.

Walaupun kesehatan mata mungkin tidak menjadi perhatian utama bagi generasi muda yang berusia 20-an dan 30-an, mengambil langkah-langkah pencegahan sekarang bisa berdampak besar dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan di masa mendatang.

Ada sebelas tips yang dapat dilakukan oleh generasi Z dan milenial untuk merawat kesehatan mata mereka saat ini dan memastikan penglihatan yang baik pada masa depan mereka.

  • Ketahui Riwayat Keluarga Anda

Faktor herediter memainkan peran penting dalam kondisi mata seperti glaukoma dan degenerasi makula. Mengetahui riwayat kesehatan mata keluarga memungkinkan Anda dan dokter mata untuk memantau dan mengidentifikasi kondisi potensial sejak dini. Deteksi dini dan pengobatan dapat efektif mencegah kehilangan penglihatan.

  • Selalu Gunakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Paparan radiasi UV yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada kornea dan lensa, meningkatkan risiko katarak dan kanker mata. Pilih kacamata hitam yang memblokir 99 hingga 100% radiasi UVA dan UVB, dan gunakan secara konsisten, bahkan pada hari berawan.

  • Gunakan Pelindung Mata saat Bekerja

Mata yang terlalu lama terpapar layar mungkin menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi tidak menyebabkan kebutaan. Namun, individu yang bekerja di lingkungan konstruksi atau kimia harus menggunakan kacamata pelindung untuk meminimalkan risiko cedera mata. Menggunakan perlindungan mata yang tepat dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan mata lebih dari 90%.

  • Proteksi Mata saat Berolahraga

Berolahraga dengan menggunakan bola atau raket membawa risiko cedera mata. Untuk mencegah kejadian seperti ini, sangat penting untuk menggunakan perlengkapan mata yang tepat, seperti kacamata pelindung, kacamata, atau helm dengan visor keselamatan, untuk melindungi mata dari bahaya potensial.

BACA JUGA  Benarkah Kaum Milenial Tak Tertarik Jadi Petani?

LEAVE A REPLY