Ilustrasi Tips Merawat Kuku agar Sehat dan Kuat. (Foto: Pinterest)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat meningkatkan penampilan seseorang. Kuku yang rapuh dan cepat rusak bisa membuat cemas sebagian orang karena mengganggu penampilan.

Namun, perubahan gaya hidup dan asupan nutrisi dapat membantu memperkuat kuku. Berikut adalah 10 kiat untuk membantu memperkuat dan menyehatkan kuku dalam waktu singkat, dikutip dari laman Healthline.

  • Konsumsi Suplemen Biotin

Biotin, dikenal juga sebagai vitamin H dan vitamin B7, dapat membantu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, biotin tidak disimpan oleh tubuh sehingga perlu dikonsumsi setiap hari. Biotin bisa ditemukan dalam makanan seperti sarden, telur matang, dan kacang-kacangan.

  • Minimalkan Paparan Terhadap Air

Terlalu banyak berendam dalam air dapat membuat kuku menjadi lemah dan rapuh. Kenakan sarung tangan saat mencuci piring untuk melindungi kuku dari sabun cuci piring yang dapat merusak kutikula.

  • Tetap Terhidrasi

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan kuku. Tanpa kelembapan yang cukup, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan terkelupas.

  • Perhatikan Asupan dan Pola Makan

Konsumsi makanan yang padat nutrisi dan bervariasi, serta multivitamin dengan mineral. Kekurangan vitamin dan mineral dapat mempengaruhi kesehatan kuku.

  • Berhati-hati dengan Produk yang Digunakan

Produk seperti cat kuku, penghapus cat kuku, hand sanitizer, dan produk pembersih lainnya dapat mengganggu kekuatan dan kelembapan kuku.

BACA JUGA  Blau Efektif Obati Gondongan? Ini Penjelasan Dokter

LEAVE A REPLY