ZNEWS.ID GRESIK — Dompet Dhuafa Jawa Timur bersinergi dengan Lazis PJB Gresik menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan lele dan sayur kangkung dalam ember. Istilah lain yang lagi populer di masa pandemi ini dikenal dengan sebutan Budikdamber (budidaya ikan dalam ember).

Pelatihan Busukdamber dilakukan secara terbatas selama dua hari, namun tetap mengikuti protokol Covid-19, pakai masker dan jaga jarak. Jumlah peserta yang menjadi penerima manfaat ini sebanyak 80 KK dipisah dalam tiga kelompok pelatihan dengan kapasitas budidaya lele sebanyak 10.000 ekor. Tiap keluarga memperoleh satu paket Budikdamber. Program ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Benjeng, tepatnya di Kelurahan Kedungrukem, Kedungsekar, dan Balongtujung.

“Untuk lele dua bulan lagi insyallah sudah bisa panen. Kemudian untuk sayur kangkungnya bisa dilakukan per 14 hari sekali, ini sangat mudah sekali bapak-bapak,” kata Agus selaku PIC program Budikdamber Dompet Dhuafa.

“Kami senang sekali memperoleh bantuan ini, bisa belajar memperoleh ilmu baru, ternyata untuk wirausaha lele dengan lahan terbatas bisa ya, ini solusinya. Kami sangat berterima kasih sekali kepada Dompet Dhuafa dan Lazis PJB Gresik atas bantuannya,” Kata Hendra, salah satu penerima manfaat program Budikdamber.

Di masa pandemi ini kita tidak bisa sendirian, harus saling bersinergi satu sama lain untuk berbagi dan bermanfaat untuk masyarakat, khususnya kaum dhuafa. Semoga wabah pandemi ini segera berakhir, sehingga warga bisa beraktivitas normal kembali.*

Oleh: Bani, Fatzry

LEAVE A REPLY