Ilustrasi tidak mudik. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi tidak mudik. (Foto: shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Momen Lebaran selalu identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Mengunjungi keluarga besar yang telah lama tak berjumpa, sambil menghabiskan masa libur lebaran dengan berjalan-jalan di kampung halaman.

Sayangnya, tahun ini kita tak bisa lagi melakukan tradisi mudik seperti tahun sebelumnya. Larangan tidak boleh mudik Lebaran akibat pandemi Corona membuat sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa pulang ke rumah orang tua untuk berkumpul bersama sanak saudara.

Apa daya, momen Hari Raya Idulfitri yang biasa dirayakan dengan kumpul keluarga, tahun ini hanya bisa dinikmati di rumah saja. Menghindari mudik, menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Corona.

Namun, jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan berbagai aktivitas seru, kok. Buat kamu yang tidak mudik, berikut 4 kegiatan yang bisa kamu lakukan saat di rumah saja, seperti dilansir dari makmalpendidikan.net, Sabtu (23/5/2020).

1. Video Call dengan Teman atau Keluarga Besar di Kampung

Ilustrasi video call bersama kakek-nenek (Foto: thinkstock)

Meski berjauhan, jangan sampai silaturahmi terputus. Manfaatkan fitur video call agar silaturahmi tetap terjaga.

2. Kirim Bingkisan

Ilustrasi bingkisan Lebaran. (Foto: shutterstock)

Mengirimkan bingkisan kepada keluarga tersayang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika dikreaksikan dengan kreativitas kamu sendiri.

3. Menata Ulang Rumah

Ilustrasi menata ulang rumah. (Foto: thespruce.com)

Saat tak mudik, menata ulang kembali rumah bisa menjadi alternatif, lho. Selain membuat rumah semakin tertata, menata ulang rumah juga dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya.

4. Memasak atau Membuat Kue

Ilustrasi membuat kue. (Foto: shutterstock)

Meski memasak dianggap lumrah, namun saat tak mudik, kamu bisa mengeksplorasi ragam resep yang bisa mengasah kemampuan dan keeratan dengan keluarga di rumah. Siapa tahu, lepas pandemi nanti, kamu bisa memiliki usaha kuliner sendiri.

Editor: Agus Wahyudj

LEAVE A REPLY