Ilustrasi. (Foto: yalantis.com)
Ilustrasi. (Foto: yalantis.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Saat belajar lebih banyak di rumah, seorang guru perlu menambah ketrampilannya dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah menyediakan video pembelajaran yang menarik untuk memotivasi para siswa tetap bahagia walaupun belajar di rumah saja.

Hal inilah yang memotivasi Risah Patimah, Indonesia Teacher Trainer School (ITTS), menciptakan video pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didiknya belajar dengan bahagia di rumah saja.

Untuk membuat video pembelajaran yang menarik, dibutuhkan kemampuan melakukan editing video. Namun, mungkinkah hal ini dilakukan oleh guru yang awam dengan hal ini?

Pada siaran langsung via Facebook saat acara Ramadan Guru Nusantara, beberapa waktu lalu, Risah membagi pengalamannya menggunakan aplikasi gratis untuk edit video bernama Kinemaster.

Kinemaster adalah aplikasi editor video yang dibuat oleh NexStreaming. Rata–rata orang menggunakannya untuk mengedit video dan menguploadnya ke YouTube.

Aplikasi KineMaster memiliki tampilan yang mudah dipakai dan memiliki fitur yang menyerupai editor pada komputer. Sehingga, banyak pengguna yang menyukainya.

Hal ini yang diulas oleh Risah yang awalanya juga awam dalam melakukan editing video. Namun, setelah mengenal aplikasi ini, edit video pembelajaran yang dilakukannya menjadi lebih mudah dan menarik.

Dalam melakukan editing video penting untuk melakukan persiapan yang matang agar editing video berjalan dengan dengan efektif dan efisien. Berikut tahapan persiapan melakukan editing video dari Risah, seperti dilansir dari laman Sekolah Guru Indonesia, Senin (18/5/2020).

  1. Siapkan materi yang akan dibuat videonya. Pastikan tujuan dan temanya jelas.
  2. Tulis script. Ini akan mempermudah ketika pengambilan video.
  3. Buat video original. Bisa gunakan latar green screen yang berfungsi untuk mengubah latar belakang video.
  4.  Siapkan properti pendukung didalam video. Contoh: pada saat membuat materi matematika basket, dibutuhkan property seperti bola basket dan keranjang.
  5. Buat Judul yang menarik.
  6. Buka Kinemaster dan lakukan editing video.

Risah mengatakan, tak jarang keputusasaan hadir ketika baru mulai melakukan editing video. Hal ini wajar dirasakan. Karena, untuk mendapatkan hasil yang baik membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Lakukan hal ini dengan niat dan kesabaran. Niatkan untuk memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh peserta didik kita dan juga orang-orang lain yang belajar dari video kita. Dan, bersabarlah untuk melakukan tahapan perencanaannya. Belajar lebih banyak tentang aplikasinya,” kata Risah.

Editor: Agus Wahyudi

LEAVE A REPLY