ZNEWS.ID JAKARTA – Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, kembali menyuguhkan wisata virtual lewat media sosial. ┬áIni dilakukan dalam rangka mengisi libur akhir pekan masyarakat selama masa pandemi COVID-19.

Melalui akun instagram @ragunanzoo, Minggu ini akan ditampilkan secara langsung wisata virtual bersama dua Harimau Sumatera koleksi Taman Margasatwa Ragunan bernama Hana dan Tino.

Atraksi dua Harimau Sumatra akan ditayangkan secara langsung lewat instastory @ragunanzoo dimulai pukul 10.00 WIB.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan wisata virtual ini merupakan terobosan baru yang akan dilaksanakan setiap hari Minggu.

“Bagi warga yang kemarin tidak sempat menyaksikan tayangan langsung satwa Ragunan, minggu ini kita tampilkan lagi, kali ini bersama Harimau Sumatera Hana dan Tino,” kata Ketut.

Ketut mengatakan warga Jakarta yang sedang menjalankan aktivitas di rumah, bisa tetap berwisata virtual di Ragunan lewat kanal Instagram @ragunanzoo.

Setiap pekan, lanjut Ketut, Ragunan akan menyuguhkan penampilan satwa yang berbeda-beda. Diharapkan fasilitas ini dapat mengobati kerinduan masyarakat yang tidak bisa berwisata ke Kebun Binatang Ragunan.

Fasilitas ini telah dimulai sejak Minggu (10/5) diawali penampilan gajah Sumatera. Dalam tayangan langsung itu, warga diajak melihat dan mengenal gajah Sumatera yang menjadi koleksi Ragunan.

“Jadi fasilitas ini dikelola oleh tim, petugas berkreasi bersama satwa disiarkan langsung lewat media sosial, mengenalkan satwa-satwa itu, namanya, cerita singkat tentang keberadaannya di Ragunan, serta fungsi satwa itu di habitatnya, dan status populasinya, jadi ada nilai pendidikannya,” kata Ketut.

Ketut menambahkan, fasilitas wisata virtual ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat yang ingin berwisata selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Fasilitas ini, lanjut Ketut, akan dilaksanakan secara periodik setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB, sehingga diharapkan menjadi hiburan masyarakat selama berada di rumah saja.

Saat ini Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi satwa mencapai 2.800 ekor lebih, mulai dari satwa berukuran kecil, sedang hingga besar seperti gajah, harimau dan jerapah.

Selama pandemi COVID-19, layanan wisata Ragunan ditutup oleh Pemerintah DKI Jakarta terhitung mulai 14 Maret 2020 hingga kini.

Selama ditutup, satwa-satwa koleksi Ragunan tetap dirawat dan periksa kondisi kesehatannya setiap saat, serta dipenuhi

kebutuhan pakannya sehingga kondisinya terus terjaga dengan baik.

 

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY