Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) memasang disinfection chamber di Fasilitas Umum (Fasum), Selasa (2/4/2020). (Foto: DD Sumsel)
Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) memasang disinfection chamber di Fasilitas Umum (Fasum), Selasa (2/4/2020). (Foto: DD Sumsel)

ZNEWS.ID PALEMBANG – Guna menekan penyebaran virus Corona (Covid-19), dan memberikan perlindungan kepada masyarakat Sumsel yang masih harus bekerja atau beribadah di masjid, Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) memasang disinfection chamber di Fasilitas Umum (Fasum). Pemasangan dimulai dari Masjid Agung, Palembang.

Pada launching disinfection chamber di Masjid Agung, Palembang, Dompet Dhuafa Sumsel mengandeng Cek Maria dan Suzannita dari PAL TV. Pemasangan tersebut baru awal, karena DD Sumsel menargetkan 100 pemasangan bilik sterilisasi di beberapa lokasi.

“Perdana, kita mulai pemasangan disinfection chamber di Masjid Agung, Palembang,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik Lc, kepada awak media di Masjid Agung, Kamis (2/4/2020).

Bilik disinfeksi ini, kata Kusworo, dipastikan aman buat tubuh manusia. Karena, cairan yang digunakan bukan disinfektan yang biasa digunakan untuk benda-benda mati. Tak ada sama sekali cairan alkohol dan klorin.

“Insyaallah ini aman karena ini rekomendasi dari tim medis Dompet Dhuafa. Cairan yang digunakan bukan disinfektan, tapi antiseptik yang biasa digunakan orang saat mandi, mirip-mirip Dettol tapi dengan racikan tertentu,” jelasnya.

Ketua Yayasan Masjid Agung, Palembang, Ahmad Sarnubi, mencoba disinfection chamber yang diberikan Dompet Dhuafa Sumsel di Masjid Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (2/4/2020). (Foto: DD Sumsel)

Antiseptik bilik disinfeksi yang baru saja di pasang di Masjid Agung Palembang ini, lanjut Kusworo, melengkapi ikhtiar pencegahan lain, seperti mencuci tangan, penyemprotan disinfektan, menjaga jarak, dan semua ikhtiar pencegahan lainnya.

“Disinfection Body Chamber yang dipasang di Masjid Agung dan nanti di tempat-tempat lain, itu semua bisa dilakukan dari donasi yang masuk ke Dompet Dhuafa. Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat dan membantu menghentikan penyebaran virus Corona di Sumsel,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Masjid Agung, Palembang, Ahmad Sarnubi, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dompet Dhuafa Sumsel yang telah memberikan bilik disinfeksi.

Keberadaan bilik disinfeksi dari Dompet Dhuafa Sumsel, kata dia, pastinya akan bermanfaat untuk melindungi jemaah Masjid Agung dalam menjalankan ibadah salat lima waktu.

“Seperti kita ketahui, jemaah yang menjalankan salat di Masjid Agung, khususnya salat lima waktu masih cukup banyak. Penyemprotan disinfektan yang disebut untuk benda mati tadi sudah kita lakukan dua kali sehari. Sekarang ada buat jemaah, ini tentu bagus untuk menghentikan penyebaran virus Corona,” kata Ahmad. (zal)

LEAVE A REPLY