Bersama para super volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari para donatur berupa 10 pcs APD, 50 paket Hygient Kit, serta 50 multivitamin, Jumat (3/4/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)
Bersama para Super Volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari para donatur berupa 10 pcs APD, 50 paket Hygient Kit, serta 50 multivitamin, Jumat (3/4/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pagi itu, Jumat (3/4/2020), situasi di beberapa tempat, khususnya RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, masih siaga Corona (Covid-19). Protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dari virus yang menular tersebut masih diterapkan.

Penerapan pencegahan tersebut di antaranya screening suhu tubuh, penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer di wastafel portable, sterilisasi di bilik disinfeksi, juga social distancing.

Direktur Utama RSUD Pasar Rebo dr Isnindyarti MKM mengatakan, tenaga medis di RSUD Pasar Rebo membutuhkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk tetap steril, terjaga dan terhindar dari risiko penularan penyakit.

Bersama Super Volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari para donatur berupa 10 pcs APD, 50 paket Hygient Kit, serta 50 multivitamin, Jumat (3/4/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

“APD adalah senjata perangnya tenaga medis. Dalam beberapa jam penggunaan, APD juga harus di ganti. Ada beberapa PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19 di sini. Tentunya, APD, Hygient Kit, dan dukungan multivitamin, akan masih sangat dibutuhkan,” ujar Isnindyarti.

Sebelumnya, tim DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa telah memasang bilik sterilisasi di RSUD Pasar Rebo. Kali ini, tim LKC Dompet Dhuafa, turut mendistribusikan amanah para donatur untuk menyerahkan sejumlah bantuan di RSUD Pasar Rebo.

Bersama para super volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, serah-terima donasi tersebut disambut baik oleh Direktur Utama RSUD Pasar Rebo beserta jajarannya, dan perwakilan para tenaga medis di sana.

Koordinator Lapangan Tim LKC Dompet Dhuafa Roby, mengatakan bahwa donasi tersebut juga datang dari hasil kolaborasi BPR Syariah HIK, antara lain berupa 10 pcs APD, 50 paket Hygient Kit, serta 50 multivitamin.

Bersama para super volunteer Dompet Dhuafa, Fathur dan Chiki Fawzi, Dompet Dhuafa menyalurkan donasi dari para donatur berupa 10 pcs APD, 50 paket Hygient Kit, serta 50 multivitamin, Jumat (3/4/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

“Alhamdulillah, serah-terima berjalan lancar dan disambut dengan kebahagiaan. Semoga bermanfaat dan amanah,” kata Roby.

Setelah menyerahkan bantuan di RSUD Pasar Rebo, pada hari yang sama, tim LKC Dompet Dhuafa juga menggulirkan bantuan serupa di RS Fatmawati, Jakarta Selatan dan Kantor AGD (Ambulance Gawat Darurat) DKI Jakarta.

“Tenaga medis di Indonesia banyak yang terpapar Covid-19, dan termasuk jumlah terbanyak tenaga medis yang meninggal akibat ini. Saya harap, kebutuhan akan APD untuk tim medis dapat memenuhi kebutuhan mereka berperang melawan Corona,” kata Fathur, Super Volunteer Dompet Dhuafa, yang saat itu ditemani Chiki Fawzi. (dka)

LEAVE A REPLY