Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merangkul puluhan pengusaha bengkel rumahan untuk mendukung program 1000 unit bilik sterilisasi. (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merangkul puluhan pengusaha bengkel rumahan untuk mendukung program 1000 unit bilik sterilisasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan lain yang terimbas akibat pandemi Covid-19.

“Dampak Covid-19 ini kan, dirasakan langsung oleh mereka yang tidak bergantung pada gaji bulanan. Jadi, sebisa mungkin kita berdayakan pengusaha bengkel rumahan. Supaya, tidak mengalami disastronomic (bencana ekonomi),” ujar Shofa Qudus, General Manager (GM) Tim Respons DMC Dompet Dhuafa, Kamis (26/3/2020)

Juga, lanjut Shofa, agar mereka bisa terus mendapatkan penghasilan di tengah lesunya aktivitas perekonomian seperti sekarang.

Salah satu mitra pengusaha bengkel rumahan, Sadelih, pemilik bengkel AA Racing Motor, membenarkan hak tersebut. Menurutnya, usaha rumahan yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur, dan telah ada sejak tahun 2000 itu mengalami sepi produksi semenjak isu Covid-19 santer terdengar.

“Sebelumnya, dalam sebulan itu bisa dapat Rp 20-30 juta. Namun, kini hanya berkisar Rp 5 juta untuk sebulan. Dengan penghasilan sebesar itu, ya, cukup sulit untuk menutupi kebutuhan hidup,” kata Sadelih

Apalagi, lanjutnya, ada karyawan yang harus digaji. Makanya, kami berterima kasih kepada DMC Dompet Dhuafa yang mengajak serta kami dalam proses pembuatan bilik sterilisasi ini.

Sadelih dan puluhan usaha bengkel rumahan lain, kini resmi menjadi mitra DMC Dompet Dhuafa untuk menghadirkan bilik sterilisasi demi kepentingan umum.

Tantangan lain yang dihadapi, yakni mulai langkanya bahan-bahan untuk membuat bilik. Namun, hal tersebut tidak meluluhkan ikhtiar DMC Dompet Dhuafa memutus rantai penyebaran Covid-19. (ika)

LEAVE A REPLY