Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menghadirkan Disinfection Chamber (bilik sterilisasi) untuk masyarakat dan relawan di garda terdepan penanganan Virus Corona (Covid-19), Selasa (24/3/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Banyaknya kelas rentan atau pekerja jalanan yang harus berkeliling mencari nafkah, menggerakkan relawan untuk berbuat sesuatu. Salah satunya, Dompet Dhuafa. Setelah paginya, Selasa (24/3/2020), tim Cekal Dompet Dhuafa menginstalasi bilik sterilisasi di Polda Metro Jaya, siangnya, tim kembali memasang alat tersebut di area Blok M, Jakarta Selatan.

Kali ini, tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama Atiatul Muqtadir (influencer dan juga tokoh muda pegiat kemanusiaan yang sempat menjabat sebagai presiden BEM UGM) dan dr. Tirta (enterpreneur dan juga tokoh muda pegiat kemanusiaan), menghadirkan Disinfection Chamber (bilik sterilisasi) untuk masyarakat dan relawan di garda terdepan penanganan virus Corona (Covid-19).

“Targetnya, secara estafet kami akan pasang 1.000 disinfection chamber di titik-titik fasilitas umum di Jakarta. Selain markas Kepolisian, TNI, Rumah sakit rujuka, dan titik keramaian,¬†seperti di kawasan Blok M ini. Kami instal alat tersebut,” kata Guntur Subagja, Chief Communication Officer Dompet Dhuafa, di sela pemasangan alat tersebut.

Menurutnya, dengan dipasangnya disinfection chamber atau bilik sterilisasi di fasilitas umum, memudahkan para petugas kebersihan, ojek online, dan masyarakat untuk menggunakan alat tersebut.

Dipasangnya disinfection chamber atau bilik sterilisasi di fasilitas umum, memudahkan para petugas kebersihan, ojek online, dan masyarakat untuk menggunakan alat tersebut. (Foto: Dompet Dhuafa)

Banyak para influencer kemanusiaan yang mendukung inovasi dan gerak cepat tim DMC Dompet Dhuafa untuk menghadirkan beragam cara dalam mencegah dan menangkal Corona.

Seperti kali ini, saat menyediakan bilik sterilisasi di sejumlah titik ramai di Jakarta, Atiatul Muqtadir atau yang akrab disapa Fathur turut serta bersama Dompet Dhuafa.

“Kami mendukung inisiasi dan kerja keras tim DMC Dompet Dhuafa untuk berupaya menegah dan menangkal penyebaran virus Corona. Dengan adanya alat tersebut, tentu sangat membantu masyarakat di Jabodetabek yang sebagian masih melakukan aktivitasnya di luar rumah. Dan, menggunakan fasilitas serta transportasi umum,” kata Fathur.

Senada dengan Fathur, dokter nyentrik Tirta Mandira Hudhi, yang juga influencer kemanusiaan, ikut aktif menjaring donasi untuk membasmi Corona.

Dipasangnya disinfection chamber atau bilik sterilisasi di fasilitas umum, memudahkan para petugas kebersihan, ojek online, dan masyarakat untuk menggunakan alat tersebut. (Foto: Dompet Dhuafa)

Terlebih, Tirta tergugah dengan kegigihan guru dan teman sejawatnya di kedokteran yang terus berjuang di garda terdepan mencegah dan menangkal Corona.

“Setelah memasang di Polda, kali ini, satu kami tempatkan di Blok M. Di kawasan tersebut, banyak para pekerja jalanan dengan upah harian yang mau tidak mau ke luar rumah untuk mencari rezeki. kalau tidak ke luar rumah, mereka tidak memiliki uang,” kata Tirta.

Jadi, lanjut dia, bilik sterilisadi ini didedikasikan untuk mereka yang berada di garda terdepan dan rentan terhadap dampak Corona.

“Bersama Dompet Dhuafa, ini alat sangat murah, cuma Rp 7,5 juta per unitnya. Saatnya kita salurkan donasi untuk hadirkan 1.000 disinfection chamber,” ujar Tirta, penuh semangat. (tyn)

LEAVE A REPLY