ZNEWS.ID JAKARTA – Sebagai lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa terus berupaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona. Tak hanya di ibu kota dan sekitarnya, juga di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Inovasi pencegahan juga terus dilakukan. Salah satunya membuat bilik sterilisasi. Tak hanya membuat, Dompet Dhuafa juga melakukan pemasangan 1000 bilik sterilisasi di beberapa lokasi yang rentan terhadap paparan virus Corona.

Upaya lain yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Corona adalah membuka pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 08111617101. Nomor tersebut dapat diakses oleh siapa saja setiap saat.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga telah menyiagakan 30 unit ambulans, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat. Dan, merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi Covid-19.

Ada tiga rumah sakit Dompet Dhuafa yang disiapkan, salah satunya RS Rumah Sehat Terpadu (RS RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor, Jawa Barat sebagai rujukan Dinas Kesehatan Bogor.

Ada juga RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur yang menggelar sosialisasi kepada pasien dan menyiagakan ambulans serta tenaga medis untuk penanganan pasien Covid-19.

Dompet Dhuafa juga peduli kepada mereka yang terpaksa tetap ke luar mencari nafkah. Karena pekerjaan, mereka harus berinteraksi dengan orang lain. Dan pastinya, memerlukan perlindungan lebih.

Dimotori oleh Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa, tim Dompet Dhuafa membagikan hygine kit di tempat-tempat yang rentan seperti terminal, perempatan, dan pangkalan ojek.

Pembagian hygine kit meliputi masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, dan juga flyer gaya hidup sehat di masa wabah Corona. Selain pembagian hygine kit, tim LKC juga turut menyosialisasikan gaya hidup bersih mencegah Corona.

Selain membagikan hygine kit, Dompet Dhuafa juga menggulirkan program Aksi Makan Gratis bagi para pejuang keluarga.

Saat ini, mereka yang menggantungkan penghasilan dari usaha harian, seperti pedagang kaki lima, tukang ojek, kurir, tukang sampah, tukang sapu, dan profesi lainnya, tentu sedang merasa kesulitan.

Karena itu, Dompet Dhuafa berinisiatif membantu mereka melalui aksi ini. Program ini digulirkan di beberapa titik di wilayah Jabodetabek, bekerja sama dengan warung lokal setempat.

Sebagai garda terdepan dalam upaya kemanusiaan, para tenaga medis memegang peran penting dalam memulihkan kondisi pasien yang terkena virus. Saat orang dibatasi untuk beraktivitas di luar, mereka justru tak ada di rumah, meninggalkan keluarga, dan “bertarung” melawan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa.

Sebagai lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa berinisiatif memberikan bantuan nutrisi untuk para pejuang kemanusiaan itu di beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan di Jabodetabek.

Dompet Dhuafa tak ingin para tenaga medis seperti dokter dan perawat berjuang seorang diri melawan pandemi berbahaya. Karena itu, Dompet Dhuafa mengirimkan bantuan nutrisi makanan sehat berupa paket nasi dan buah ke beberapa rumah Sakit.

LEAVE A REPLY