Oleh: Prof Dr HM Muhammad Amin Suma SH MA MM (Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional MUI, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Bismillahir-Rahmanir-Rahim
Dengan Asma Allah Yang Maha Rahman – Maha Rahim.

Mukadimah

ZNEWS.ID JAKARTA – Agama, negara, dan dunia (internasional) adalah tiga kekuatan raksasa yang bisa “memaksa” manusia/kelompok sosial supaya berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Termasuk tentang kesepakatan bersama agama, negara, dan dunia untuk “memerangi” virus Corona yang oleh Badan Kesehatan Dunia – World Health Organisation (WHO) telah diumumkan secara resmi sebagai Pandemi.

Dengan demikian, maka kita wajib mengindahkannya, dalam bentuk ikhtiar sekuat daya. Bersamaan dengan itu, bagi umat beragama dan negara beragama, apalagi negara-negara Islam dan negara-negara beragama lainnya, di atas semuanya dipastikan tetap ada keyakinan hakiki (akidah diniah) yang mengajarkan keberadaan zat serba Maha. Yaitu Allah SWT, Allah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Apapun sebutan danatau panggilan-Nya. Hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan, dan hanya kepada-Nya kita beribadah atau menyembah (Iyyaka na’budu wa-iyyaka nasta’inu).

LEAVE A REPLY