DMC Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan perlengkapan kebersihan diri sebanyak 400 paket untuk penyintas banjir di Kecamatan Muara Kelingin, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Jumat (14/2/2020). (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID MUSI RAWAS – Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) menyalurkan bantuan berupa paket perlengkapan kebersihan diri atau hygiene kit untuk penyintas banjir di Kecamatan Muara Kelingin, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Jumat (14/2/2020).

Relawan Tim Respons DMC Dompet Dhuafa di Sumatera Selatan Aan Andrian mengatakan, bantuan perlengkapan kebersihan diri yang disalurkan sebanyak 400 paket. Paket perlengkapan ini, kata dia, berupa sabun mandi, sikat dan pasta gigi, sampo, sabun cuci piring, serta deterjen.

“Berdasarkan daftar kebutuhan darurat yang kita terima dari petugas kecamatan, perlengkapan kebersihan diri ini merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi,” terang Aan.

Ia menambahkan, saat ini, banjir yang melanda kawasan Muara Kelingin pada tanggal 10 Februari lalu berangsur surut. Di beberapa dusun, warga mulai kembali ke kediaman mereka pascabekas banjir mengering.

Kini, lanjut Aan, aktivitas warga berkisar pada pembersihan sisa-sisa banjir di rumah dan lingkungan mereka. Meski demikian, beberapa warga masih memilih bertahan mengungsi di rumah kerabat mereka.

“Seluruh akses jalan di kampung sudah terbuka. Namun, masih ada akses terhambat sebab jembatan di Jalan Raya Linggau – Sekayu mengalami kerusakan. Sehingga, warga terpaksa harus menggunakan perahu ketek,” katanya. (ika)

LEAVE A REPLY