Disaster Management Center Dompet Dhuafa membangun sarana sanitasi berupa fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) untuk penyintas banjir bandang dan longsor di Bogor. (Foto: DMC DD)

ZNEWS.ID BOGOR – Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) membangun sarana sanitasi berupa fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) untuk penyintas banjir bandang dan longsor di Bogor. Dicanangkan, akan dibangun tiga unit sarana MCK dengan rincian tiga pintu untuk masing-masing unit.

Pembangunan ini dilakukan di beberapa titik pos pengungsian masyarakat terdampak, yakni Kampung Tangseng Atas dan Tangseng Bawah, serta Kampung Sukamulya di Desa Sukaraksa yang berada di Kecamatan Cigudeg, Bogor, Jawa Barat.

“Selama ini, para pengungsi hanya bisa memanfaatkan kamar mandi darurat yang kondisinya serba terbatas. Maka dari itu, kita membangun sarana MCK permanen karena fasilitas seperti ini sangat dibutuhkan penyintas,” terang Sanadi, Koordinator Lapangan Tim Recovery DMC Dompet Dhuafa untuk Banjir Bandang dan Longsor Bogor, Jumat (14/2/2020).

Ia melanjutkan, untuk pembangunan MCK di Kampung Tangseng Atas dan Tangseng Bawah progres pengerjaan sudah 50 persen. Sedangkan, untuk Kampung Sukamulya akan segera dilaksanakan.

“Masing-masing unit masa pengerjannya adalah 10-15 hari. Hal tersebut sudah mencakup proses pengerjaan pipanisasi air gunung yang melengkapi fasilitas kebersihan tersebut. Masing-masing unit juga akan dilengkapi mesin air yang memudahkan warga penyintas mendapatkan air bersih,” terang Sanadi.

Adapun, lanjut dia, jumlah penerima manfaat di Kampung Tangseng Atas sebanyak 89 kepala keluarga (KK), Kampung Tangseng Bawah sebanyak 59 KK, dan Kampung Sukamulya terdata ada 83 KK. Sementara itu, untuk lokasi pembangunan, sengaja dibuat dekat dengan tenda pengungsian warga dan hunian sementara yang akan dibangunkan oleh pemerintah terkait. (ika)

LEAVE A REPLY