Ippho Santosa, Founder Kampus Bisnis Umar Usman, dan penulis buku mega best seller. (Foto: kampusumarusman.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia terlihat begitu bersemangat saat menghadiri acara Starpreneur 2020 di Kampus Bisnis Umar Usman, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Agenda tahunan ini sebagai syiar semangat entrepreneurship dan menjaring para calon pengusaha sukses Indonesia.

Pada hari pertama rangkaian acara Starpreneur kali ini, Kampus Bisnis Umar Usman menghadirkan para pengusaha muda Indonesia. Mereka adalah Ippho Santosa (pengusaha, founder Kampus Bisnis Umar Usman, dan penulis buku mega best seller), Gufron Syarif (Owner Haus), dan Rex Marindo (Founder Upnormal Coffee dan Foodizz.id).

Tanpa ragu, mereka membagikan kisah sukses perjalanan bisnisnya. Tips dan trik dari para pengusaha ini diharapkan bisa menginspirasi para peserta agar lebih semangat dalam membangun bisnis dan menjadi seorang entrepreneur.

Gufron Syarif, Owner Haus. (Foto: kampusumarusman.com)

Dalam paparannya, Ippho santosa menyampaikan bahwa langkah-langkah untuk memulai bisnis, harus memerhatikan 5 hal, yaitu spiritual, massive, sensitif, proaktif, dan progresif.

Tak kalah penting, tips dari Gufron Syarif juga sangat luar biasa. Dia mengatakan bahwa dalam bisnis, perlu Fokus dan Optimis.

“Jangan pernah takut untuk memulai bisnis, namun berbisnislah dengan cara cara yang baik. Saya tidak hanya satu kali buka bisnis, langsung sukses. Namun, juga melawati kegagalan, yang penting terus belajar dari kegagalan itu,” terang Gufron.

Rex Marindo, Founder Upnormal Coffee dan Foodizz.id. (Foto: kampusumarusman.com)

Pengusaha sukses yang pernah menjadi seorang karyawan ini juga menjelaskan jika dalam berbisnis, perlu menghindari hal-hal yang dapat mengurangi keberkahan, seperti riba, tipuan, dan sebagainya.

Ilmu bisnis lainnya yang begitu luar biasa diungkapkan oleh pengusaha hebat Rex Marindo. Rex menyampaikan bahwa memulai usaha pasti ada hambatannya. Mengikuti perkembangan zaman, kata dia, juga perlu, karena pemikiran yang dulu belum tentu sama dengan pemikiran sekarang.

“Belajar itu penting, membuka ilmu itu penting. Boleh nekat, tapi harus diperkuat dengan ilmu. Orang yang berilmu bisa 3 kali melangkah lebih cepat dibanding orang yang hanya nekat,” tutur Rex. (kampusumarusman.com)

LEAVE A REPLY