ZNEWS.ID KUTAI BARAT – Mengawali tahun 2020 yang penuh keberkahan, Dompet Dhuafa Kalimantan Timur (DD Kaltim) bersama Dompet Dhuafa Australia (DD Australia) bertolak menuju Kutai Barat untuk meresmikan Masjid An-Noor di Kampung Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu, 11 Januari 2020.

Perjalanan darat selama kurang lebih 14 jam berjalan dengan lancar. Tim pun sampai dengan selamat.

Sebelum melakukan peresmian masjid, tim terlebih dahulu menuju Kampung Muyub Ilir, Kecamatan Tering. Di sana terdapat Program Perahu Dakwah yang juga disupport oleh DD Australia.

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat menyambut kedatangan tim dengan penuh kehangatan. Sharing dan diskusi dilakukan sekaligus melakukan evaluasi terhadap program yang sudah dijalankan.

Alfi (43), salah satu warga Muyub Ilir, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dompet Dhuafa, karena sudah banyak bantuan dan perhatian yang telah diberikan kepada warga setempat, yang sebagian besarnya adalah mualaf.

Bentuk bantuan tersebut di antaranya, pemberian donasi Alquran, pemberian hewan kurban yang rutin setiap tahun, penyaluran zakat fitrah, perayaan PHBI, pengadaan Perahu Dakwah untuk operasional ustaz dan kegiatan sosial masyarakat, hingga penempatan Dai untuk mengabdi di kampung setempat.

“Sebagai mualaf, kami merasa dibimbing, dididik, dan ditemani dengan baik dalam mendalami Islam,” ujar Alfi.

Setelah itu, tim melanjutkan silaturahmi ke kediaman Aji Sulaiman, salah satu keturunan Raja Kutai. Beliau merupakan salah satu tokoh agama dan tokoh masyarakat yang termasyur di wilayah Kutai Barat dan Kutai Kartanegara.

Banyak nasihat dan ajaran yang bisa dipetik dari beliau. Tim kemudian berbincang-bincang sembari menikmati suguhan durian khas Melak yang manis dan gurih.

Pukul 12.45 WITA, tim bergerak menuju Kampung Sumber Sari, lokasi di mana Masjid An-Noor dibangun atas kerjasama antara DD Kaltim, DD Australia, dan warga setempat. Masyarakat sekitar terlihat sangat antusias dalam menyambut peresmian masjid ini, karena memang, di lokasi sekitar keberadaan masjid terbilang masih minim.

Acara peresmian dihadiri secara langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur, Petinggi Kampung Sumber Sari, Pewakif Tanah, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat setempat, dan juga warga jemaah.

Acara peresmian Masjid An-Noor pun berjalan dengan baik, hingga diresmikan secara langsung oleh Bapak Drs H Sofyan Nur selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur.

Ia berpesan agar masjid ini difungsikan sebaik mungkin, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat ukhuwah dan peradaban masyarakat setempat. Sehingga, para donatur yang telah berkontribusi baik dana, tanah, tenaga, dan pikiran senantiasa diberi keberkahan, kesehatan, dan kelimpahan rezeki.

Mulyadi, selaku petinggi Kampung Sumber Sari juga menyampaikan banyak terima kasih kepada DD Kaltim, DD Australia, dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan masjid ini.

“Semoga masjid ini memberikan banyak manfaat dan keberkahan bagi Dompet Dhuafa, para donatur, dan juga bagi masyarakat setempat,” tuturnya. (gun)

LEAVE A REPLY