ZNEWS.ID LEBAK – Para penyintas dampak banjir bandang yang terjadi di Lebak, Banten, masih mengungsi di pos pengungsian Dompet Dhuafa di Ponpes Darul Mustofa Cipanas. Namun, salah satu pengungsi yang menderita sakit diabetes, mengalami keadaan darurat, sehingga harus di evakuasi menuju puskesmas Sajira Barat, Lebak (Rabu, 8/1/2020).

“Pasien, ibu Rina usia 40 tahun, sebelumnya merasakan lemas sudah 2 minggu dan harus istirahat di tempat tidur. Namun, setelah penanganan awal, kami cek kondisi ia memiliki riwayat penyakit gula, dan yang terjadi kini hiperglikemi. Dampak bencana membuat kondisi pasien ini semakin menurun,” ungkap dr Nurul Safitri, relawan dokter Dompet Dhuafa.

Tim medis LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) dan Tim Water Rescue DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa langsung mengevakuasi pasien tersebut dengan menyeberangi sungai menggunakan perahu karet. Sebab, akses dari dan menuju wilayah tersebut terputus, akibat jembatan yang hancur.

“Medan evakuasi lumayan berat, juga hujan. Kami tandu naik perahu karet seberangi sungai. Namun, alhamdulillah, saat ini pasien tersebut sudah kami rujuk dan mendapat perawatan di Puskesmas Sajira Barat, Lebak, Banten,” ujar Nurul. (sci/dka)

LEAVE A REPLY