(Foto: DD Singgalang)

ZNEWS.ID SOLOK SELATAN – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat bersinergi bersama Dompet Dhuafa Singgalang dalam penyaluran 288 paket seragam sekolah, buku, peralatan tulis, dan 337 karpet plastik untuk korban banjir bandang di Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, beberapa waktu lalu.

Ketua Umum BPD HIPMI Sumbar Iqra Chissa menyampaikan rasa prihatinnya atas banyaknya musibah yang terjadi di beberapa daerah Sumatera Barat belakangan ini.

“Kita dari BPD HIPMI Sumbar sangat prihatin atas banyak musibah saat ini. Untuk itu, kita membantu meringankan beban korban bencana yang terjadi. Kita mulai dulu dari Nagari Lubuk Ulang Aling ini,” katanya.

Berdasarkan informasi yang didapat Iqra, Nagari Lubuk Ulang Aling masih banyak membutuhkan bantuan, terutama untuk anak-anak sekolah.

“Kita mendapat amanah juga dari Ketum BPP HIPMI Kakanda Mardani H Maming untuk menyalurkan bantuan. Semoga bermanfaat dan bisa meringankan beban para korban yang terkena musibah,” terang Iqra.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada relawan Dompet Dhuafa Singgalang yang menjadi mitra dalam penyaluran bantuan ini. Ke depannya, kata dia, semoga lebih sering bersinergi bersama Dompet Dhuafa Singgalang.

Di tempat yang sama, Ketua HIPMI Peduli Sumbar Musfi Yendra mengatakan, sebagai organisasi pengusaha, HIPMI juga selalu terlibat berbagai kegiatan sosial. Membantu masyarakat yang mendapat musibah atau membutuhkan

“Sejak 2011 HIPMI Peduli ini aktif berbagai kegiatan sosial. Membantu korban bencana alam, anak yatim paitu atau masyarakat miskin. Termasuk hari ini, kita sengaja mendatangi tempat yang jauh terisolir di Lubuk Ulang Aling ini. Kita sangat prihatin atas musibah yang menimpa sanak saudara kita di sini,” ungkap Musfi yang juga sebagai Pembina Dompet Dhuafa Singgalang.

Dikatakannya, dalam waktu dekat, HIPMI Peduli juga akan turun ke Kabupaten Lima Puluh Kota untuk kegiatan sosial.

“Agenda selanjutnya adalah Aksi Layanan Sehat (ALS) berupa layanan dan penyuluhan kesehatan secara gratis untuk korban banjir bandang di daerah Lima Puluh Kota. Kita akan sinergi juga dengan Dompet Dhuafa Singgalang,” ujar Musfi.

Syafril, tokoh masyarakat Lubuk Ulang Aling yang juga anggota DPRD Solsel mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh HIPMI Peduli.

“Inilah kondisi masyarakat kami yang terdampak banjir bandang beberapa hari lalu. Untuk mengakses daerah medannya sangat berat, jalan bertanah dan terjal. Tapi, kader HIPMI dan relawan Dompet Dhuafa Singgalang bisa sampai di sini membawa bantuan. Kami sangat berterima kasih sebesar-besarnya,” katanya saat di lokasi bersama masyarakat.

Berdasaran pantauan di lapangan, Nagari Lubuk Ulang Aling merupakan satu dari sekian daerah di Solok Selatan yang terkena dampak paling besar banjir bandang minggu lalu. Kemudian, di daerah Lubuk Ulang Aling Induk, Tengah dan di bagian selatan. Total ada 14 Jorong terdampak.

Informasi tambahan dari Kepala Jorong Batu Gajah, ada sebanyak 25 KK ditambah 16 unit rumah rusak, di Jorong Koto terdiri 48 KK dan 35 unit rumah terdampak. (DD Singgalang)

LEAVE A REPLY