ZNEWS.ID RIAU – Hari Antikorupsi Sedunia akan jatuh pada 9 Desember 2019. Kesibukan kawan-kawan Dompet Dhuafa Volunteer Riau sudah dimulai sejak seminggu lalu. Rangkaian Festival dibuka dengan ToT Boardgame Antikorupsi di kantor Dompet Dhuafa Riau, Minggu (1/12/2019) lalu.

Training ini bertujuan untuk membangun komunitas Boardgame yang konsisten menyuarakan antikorupsi. Peserta dalam training ini juga beragam. Dari Dompet Dhuafa Volunteer Riau, organisasi mahasiswa, hingga para guru.

Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK (Dikyanmas) Romi, menjelaskan bahwa generasi milenial menyukai hal-hal yang menyenangkan. Jadi, salah satu cara paling efektif menanamkan nilai-nilai antikorupsi adalah melalui Boardgame.

“Boardgame yang kita gunakan ini adalah Boardgame yang memiliki pesan-pesan antikorupsi di dalamnya, bukan hanya bagi anak-anak. Ada beberapa boardgame yang digunakan untuk mahasiswa dan orang dewasa,” ujarnya.

Kemudian, di hari kedua, peserta training diberi bekal pengetahuan antikorupsi. Mereka terlihat lebih antusias. Nantinya, komunitas-komunitas akan terlibat di puncak acara Festival Muda Melawan Korupsi.

Sementara itu, Direktur Pusat Belajar AntiKorupsi (PBAK) Ridwan Affan mengatakan, menanamkan pengetahuan antikorupsi itu sangat penting. Apalagi komunitas-komunitas yang hadir dalam kegiatan kelas antikorupsi ini akan menjadi agen antikorupsi di Riau.

“Setiap program PBAK itu membangun dan memberdayakan komunitas. Dari kelas antikorupsi, kita mencoba menanam bibit. Dan, bersama Dompet Dhuafa Riau, kita rawat komunitas ini untuk senantiasa bergerak melawan korupsi,” ujarnya.

Saat ini, para komunitas sibuk menyiapkan acara Festival Muda Melawan. Acara akan berlangsung di Area Car Free Day, pada Minggu 8 Desember 2019.

Festival ini bukan acara hiburan semata, ada banyak acara edukasi, seperti Boardgame dan Dongeng antikorupsi, aksi mural, tembok pesan kepada koruptor, serta berbagai orasi publik. Dan, diujung acara, akan ada deklarasi antara pemerintah dan masyarakat sipil yang menyatakan siap melawan korupsi. (aan)

LEAVE A REPLY