Proses pengasapan dan pengambilan madu dari kotak stup. (Foto: DD Jogja)

ZNEWS.ID GUNUNGKIDUL – Dompet Dhuafa Yogyakarta melalui BMT Ummat bersama dengan Kelompok Tani Hutan Lebah Madu Sumber Rejeki melakukan panen Madu Hutan Wanagama tahap pertama, beberapa waktu lalu. Panen madu dilaksanakan di 2 titik, yakni sekitar embung dan gubug dhuwur, yakni sekitar kawasan Hutan Nyamplung.

Panen madu ini dilaksanakan pada siang hari, saat sebagian besar lebah sedang mencari makan. Sebelum madu dipanen, diperlukan proses penjinakan lebah, yakni dengan memberikan pengasapan agar lebah menjauh dari sarangnya dan berpindah ke dasar kotak, sehingga madu bisa dipanen.

Proses pemisahan madu dari sisir-sisir yang berasal dari dalam kotak stup. (Foto: DD Jogja)

Dalam proses pemanenan madu, juga dilakukan proses regenerasi, yakni dengan memotong bagian dari sarang yang berisi koloni, untuk diletakkan kembali ke dalam sisir-sisir yang ada di kotak stup. Saat bunga-bunga kembali bersemi, maka lebah akan menghasilkan madu lebih banyak.

Dalam proses pemanenan juga dilaksanakan pemeliharaan terhadap sarang lebah. Seperti, menghilangkan calon ratu yang ada di dalam satu stup, dan hanya menyisakan satu ratu.

Senyum bahagia Pur, saat panen madu, dia merupakan petani madu binaan Dompet Dhuafa Yogyakarta. (Foto: DD Jogja)

Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah produksi madu. Jika ada satu ratu dalam satu stup, jumlah produksi madu yang dihasilkan oleh lebah akan lebih maksimal.

Setelah proses pemanenan dilakukan, tahap selanjutnya adalah proses pemanasan. Biasanya dengan penjemuran, agar madu terpisah dari sarangnya hingga madu bisa dikemas.

Kelegaan terpancar dari staf program ekonomi karena madu yang dipanen memberikan hasil yang maksimal. (Foto: DD Jogja)

Alhamdulillah, hasil panen madu tahap pertama dari 2 lokasi ini menghasilkan 27,2 kg madu beserta sarangnya, yang diperkirakan bisa menghasilkan madu sekitar 17 liter.

Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam rangka menjamin kualitas dan keaslian madu yang dihasilkan kelompok binaan. (DD Jogja)

LEAVE A REPLY