(Foto: DDHK)

ZNEWS.ID WAN CHAI – Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) mengadakan Kajian Keluarga bertajuk “Ada Surga di Rumahku”, di lantai 6 Masjid Ammar, Wan Chai Sabtu (30/11/2019). Dai Cordofa DDHK, Ustaz Talqis Nurdianto menjadi narasumber di acara yang didukung majelis-majelis taklim Sabtu bersatu itu.

Talqis memulai kajian dengan pertanyaan, “seperti apa rumah idaman itu?” Ia pun menjelaskan, rumah idaman adalah rumah yang ada surga di dalamnya.

Lalu, bagaimana caranya agar hal itu terwujud? “Penghuninya harus berperilaku selayaknya penduduk surga,” kata Talqis.

Ia kemudian menyampaikan 4 perilaku penduduk surga. Di antaranya, mengucapkan salam, senantiasa mengucapkan yang baik-baik, melaksanakan syariat-syariat Allah agar tercipta ketenangan di tengah-tengah keluarga, dan tidak melakukan perbuatan sia-sia.

“Prinsipnya, 2 hal ini. Pertama, seluruh anggota keluarga berusaha menjadikan rumah sebagai tempat terbaik untuk pulang, tempat ternyaman untuk menumbuhkan kasih sayang, serta ruang hidup terindah layaknya surga,” terang Talqis.

Kedua, lanjutnya, di dalam Alquran dijelaskan bahwa penghuni surga senantiasa mengucapkan salam, tidak pernah mengucapkan kata-kata buruk dan keji, serta selalu berbahagia dan merasa tenang.

Talqis mewanti-wanti, rumah bisa menjadi surga atau neraka tergantung penghuninya. Jika menjadi surga, akan memberikan ketenangan dan ketentraman. Sebaliknya, jika menjadi neraka, serasa panas, banyak masalah, dan terjadi kekerasan rumah tangga.

Ia juga mengingatkan, jangan sampai tinggal di rumah seperti tinggal di kuburan. Seperti, rumah tidak dibacakan Alquran, rumah tidak didirikan salat, dan di dalam rumah tidak ada saling menasihati antarpenghuninya.

“Jangan sampai, penghuninya rajin baca status-status di media sosial, tapi jarang membaca Alquran,” kata dia. (DDHK)

LEAVE A REPLY