ZNEWS.ID MAKASSAR – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (Sulsel) turut ambil bagian dalam kampanye peringatan hari HIV/AIDS Sedunia, ke masyarakat luas, pada Minggu, (1/12/2019), di Makassar. Tema Global Hari AIDS Sedunia 2019 yaitu “Communities Make the Difference”. Tema ini dipilih karena dirasakan komunitas memberikan kontribusi yang sangat besar bagi respons AIDS.

Bersama para relawan kesehatan, LKC DD Sulsel mengajak dan mengedukasi masyarakat peserta car free day (CFD) untuk berhenti membangun stigma yang salah dan diskriminasi terhadap ODHA. Menuju, three zero, yang mana menjadi tema peringatan Hari HIV/AIDS kita tahun ini.

Adapun, three zero yang dimaksud adalah jangan ada lagi penderita baru HIV/AIDS, jangan ada lagi kematian yang disebabkan penyakit HIV/AIDS, dan jangan membangun stigma yang keliru di masyarakat dan mendiskriminasi ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Upaya yang terus dilakukan Pemerintah pada 2017 telah dicanangkan strategi Fast Track 90-90-90, yang meliputi percepatan pencapaian 90 persen orang mengetahui status HIV melalui tes atau deteksi dini, 90 persen dari ODHA yang mengetahui status HIV memulai terapi ARV, dan 90 persen ODHA dalam terapi ARV berhasil menekan jumlah virus. Sehingga, mengurangi kemungkinan penularan HIV, serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi ODHA.

Untuk mencapai strategi tersebut, perlu upaya lintas sektor, termasuk peran masyarakat dan swasta.

Selain itu, LKC Sulsel juga menyediakan media edukasi agar masyarakat mengetahui informasi yang benar. Untuk selanjutnya, dapat menginformasikan kembali kepada masyarakat luas.

LEAVE A REPLY