(Foto: DDHK)

ZNEWS.ID WAN CHAI – Dai Cordofa DDHK Ustaz Talqis Nurdianto menjadi narasumber di acara yang diadakan Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Sabtu (30/11/2019). Kajian Keluarga bertajuk “Ada Surga di Rumahku” ini digelar di lantai 6 Masjid Ammar, Wan Chai, dan didukung majelis-majelis taklim Sabtu bersatu itu. Turut hadir di acara tersebut, General Manager DDHK Ustaz Imam Baihaqi.

Pesan yang disampaikan Talqis pada kajian tersebut salah satunya agar kita selalu menghiasi rumah dengan lantunan ayat-ayat Alquran. Dia juga menyampaikan hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang diriwayatkan Imam Ahmad.

“Sesungguhnya, rumah yang dibacakan di dalamnya Alquran, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit, sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi.”

Ia juga mewanti-wanti agar kita tidak menjadikan rumah seperti kuburan, yaitu rumah yang digemari setan karena tidak pernah dibacakan Alquran.

“Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan, karena setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah,” ujar Talqis mengutip hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Selain itu, ada banyak lagi keutamaan rumah yang selalu dibacakan Alquran. Diantaranya, akan menjadi luas bagi pemiliknya, malaikat mendatanginya, syetan menjauhinya, dan banyak kebaikannya.

Sebaliknya, jika tidak dibacakan Alquran, rumah akan menjadi sempit bagi pemiliknya, malaikat menjadi tehalang, setan hadir, dan sedikit kebaikannya.

Alquran sendiri mengandung banyak keutamaan. Mengutip beberapa dalil, Talqis menyebutkan beberapa diantaranya, Alquran bisa menjadi obat yang dapat menyembuhkan penyakit manusia, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman. Berzikir dengan Alquran, ungkap Talqis, juga dapat mendatangkan ketentraman.

Dan, yang juga penting, bacaan Alquran semasa hidup di dunia dapat menjelma mahkota bagi orang tua di akhirat kelak. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Sahal bin Mu’adz Aljuhani dari ayahnya.

Bahwasanya, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja yang membaca al-Qur’an dan mengamalkan isinya, niscaya pada hari kiamat nanti kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih terang daripada sinar matahari yang menerangi rumah-rumah di dunia. Bayangkanlah oleh kalian bagaimana kebesaran pahala bagi orang tua yang juga mengamalkannya.” (DDHK)

LEAVE A REPLY