(Foto: DDHK)

ZNEWS.ID PING SHAN – Yuen Long menjadi salah satu daerah di Hong Kong yang menjadi tempat tinggal warga negara Indonesia (WNI) laki-laki. Sebagian dari mereka memiliki izin tinggal dan bekerja secara legal.

Sebagian lain, menjadi pekerja ilegal di Negeri Beton. Banyak juga yang berstatus overstayer, bahkan berstatus pemegang recognized paper Imigrasi Hong Kong (paperan).

Apapun statusnya, jika mereka adalah Muslim, maka mempunyai kewajiban untuk menunaikan salat Jumat dan salat lima waktu berjamaah. Sayangnya, di sekitar stasiun kereta MTR Long Ping, “lapangan Srikandi”, dan Tai Kiu Market, yang menjadi pusat kegiatan PMI di Yuen Long, belum diketahui adanya madrasah atau musala yang dapat disinggahi untuk salat berjamaah. Terutama untuk salat Jumat.

(Foto: DDHK)

Namun, ada kabar gembira datang dari General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Ustaz Imam Baihaqi. Dia mengabarkan, beberapa waktu lalu, bersama Dai Cordofa DDHK, Ustaz Talqis Nurdianto, melaksanakan salat Jumat di Madrasah Faizan-E-Auliya Allah di daerah Ping Shan.

Kabar gembiranya, lokasi madrasah tersebut tidak jauh dari lapangan Srikandi. “Mushalla Ping Shan di Yuen Long bisa untuk salat Jumat juga,” kata Imam.

Berdasarkan akun Facebook resminya, madrasah tersebut bertempat di Gedung Lok Kui yang berlokasi di Ping Ha Road Nomor 2, Ping Shan, Yuen Long. Menurut petunjuk arah Google Map, dengan menyusuri Ping Ha Road, Madrasah Faizan-E-Auliya Allah dapat ditempuh hanya dalam 36 menit, dengan berjalan kaki dari Yuen Long West Bus Terminus, terminal bus yang berlokasi di dekat “lapangan Srikandi”. Atau, melalui jalan Ping Shan Nam Pak Road, dengan jarak tempuh 41 menit.

(Foto: DDHK)

Jika kamu sedang malas jalan kaki, bisa juga ke lokasi dengan menggunakan Light Rail atau kereta pendek yang beroperasi di Yuen Long. Jarak tempuhnya menjadi lebih pendek, hanya 23 menit.

“Dari lapangan Srikandi tinggal jalan ke halte Fung Nin Road. Setelah melewati 2 halte, kemudian turun di halte Ping Shan. Tidak jauh dari halte Ping Shan sudah terlihat mushallanya,” ujar Imam.

Menariknya, persis di samping madrasah ada kantin yang menjual makanan halal (Halal Food), khas Pakistan dan India. Jadi, usai salat Jumat berjamaah bisa langsung makan siang, deh. (DDHK)

LEAVE A REPLY